Cegah Corona, Walikota Bima Terbitkan Edaran

M. Lutfi dan Azhari  (Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Sebagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran wabah virus corona, Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi SE, mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk warga Kota Bima.

Dalam SE dengan nomor Nomor 007/24/III Tahun 2020 tanggal 3 Maret 2020 tersebut, Walikota menghimbau seluruh masyarakat Kota Bima untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Iklan

“Dengan adanya penyebaran penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona (Covid-19) di beberapa Negara yang awalnya berasal dari China, saya imbau masyarakat Kota Bima untuk tetap tenang dan menjaga kesehatan,” imbau Walikota.

Menurut Lutfi, himbauan menjaga kesehatan yakni dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat. Kemudian mencuci tangan pakai sabun serta konsumsi makanan yang berimbang, aktifitas fisik dan istrahat cukup.

“Tetap menggunakan masker dan menghindari menyentuh mata, hidung atau mulut setelah kontak dengan hewan atau penderita,” katanya.

Selain itu, Lutfi juga meminta masyarakat agar segera ke fasilitas Pelayanan kesehatan (Puskesmas dan Rumah sakit) terdekat, apabila mengalami atau terkena gejala demam, batuk, sesak dan gangguan pernapasan.

“Jika memiliki riwayat perjalanan dari Negara China, Singapura, Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Vietnam, Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Uni Emirat Arab, Australia, Iran, Italia, Spanyol, Kroasia, San Marino, Norwegia, Kanada, Azerbaizan, Ekuador, Irlandia, Monako, serta Qatar dalam 14 hari sebelum timbul gejala atau tanda,” katanya.

Ia juga meminta semua pihak terutama Lurah dan Camat agar tetap berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bima, terkait pasien yang sebelum menunjukkan tanda-tanda demam. “Hal ini untuk menghindari pemberitaan yang kurang tepat yang menimbulkan keresahan pada masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Azhari mengajak masyarakat Kota Bima, agar tidak panik menghadapi isu corona. Apalagi isu kelangkaan masker di Kota Bima. “Kita harapkan tetap tenang. Kita juga pastikan masker di Kota Bima tetap tersedia,” katanya.

Bahkan Pemerintah Kota Bima melalui Dikes, lanjutnya akan memberikan masker gratis kepada warga Kota Bima yang membutuhkan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk langkah sigap dan antisipasi terhadap isu corona. (uki)