Catat! Seluruh Pengurusan Administrasi Kependudukan Gratis

Praya (Suara NTB) – Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H.M.H., menegaskan seluruh pengurusan administrasi kependudukan mulai dari pembuatan akte kelahiran, kartu keluarga (KK) maupun KTP elektronik, tidak dipungut biaya sepeser alias gratis.

‘’Masyarakat diingatkan untuk tidak memberikan imbalan kepada petugas pelayanan administrasi kependudukan ketika mengurus administrasi kependudukan,’’ tegasnya usai pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) tingkat Provinsi NTB, di Praya, Senin, 14 Mei 2018.

Iklan

Pihaknya juga mengingatkan petugas pelayanan administrasi kependudukan diingatkan jangan sekali-kali menarik biaya dari masyarakat. Kalau kemudian ada petugas pelayanan administrasi kependudukan yang memungut biaya atas jasa layanan pembuatan administrasi kependudukan, masyarakat diminta segera melapor ke pemerintah daerah setempat supaya petugas bersangkutan bisa segera ditindak tegas.

“Keputusan mengratiskan seluruh biaya pengurusan administrasi kependudukan merupakan kebijakan pemerintah pusat. Jadi sampai di tingkat bawah keputusan tersebut harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Selain menggratiskan seluruh biaya pengurusan administrasi kependudukan, pemerintah pusat juga memangkas hampir seluruh birokrasi pengurusan administasi kependudukan. Sebagai contoh, untuk melakukan perekaman KTP elektronik masyarakat tidak perlu lagi harus mengurus surat pengantar dari desa maupun kelurahan seperti sebelum-sebelumnya.

Cukup hanya dengan membawa salinan kartu keluarga yang sah, masyarakat sudah bisa melakukan perekaman KTP elektronik. “Jadi sekarang mengurus administrasi kependudukan itu sangat mudah. Selain gratis, persyaratannya juga sangat mudah. Karena banyak birokrasi yang sudah kita pangkas habis,” klaimnya. (kir)