Cara Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan

Tips berkendara yang aman saat musim hujan. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –Saat musim penghujan tiba, banyak hal yang harus disiapkan oleh pengendara motor. Tentunya ada barang yang perlu disiapkan seperti membawa jas hujan agar tidak basah saat berkendara. Selain itu berkendara dalam kondisi hujan juga merupakan suatu tantangan, karena jalan yang dilewati pasti licin dan dipenuhi genangan air.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara dalam kondisi cuaca yang sedang hujan. Baik pengendara pro sekalipun tetap harus waspada karena kondisi berkendara saat hujan sangat berbeda dengan kondisi cuaca cerah. Sebagai pelopor keselamatan berkendara, Astra Motor NTB akan berbagi tips mengenai cara aman berkendara menggunakan sepeda motor saat hujan.

Iklan

Satria Wiman Jaya Instuktur Safety Riding Astra Motor NTB mengatakan bahaya yang dapat ditemukan saat berkendara pada kondisi hujan yaitu jalanan berlubang yang tidak terlihat oleh mata. Terkadang pengendara motor juga sering terkena cipratan air dari pengendara lain saat melewati genangan air.
1. Gunakan Jas Hujan Mode Single
Menggunakan jas hujan mode single dapat menjadi solusi dalam berkendara ketika saat hujan. Jas hujan ini seperti layaknya jaket dan celana panjang. Penggunaan jas hujan mode single dapat membuat pengendara merasa lebih nyaman dan tidak repot.
2. Jangan Asal Rem Mendadak Saat Hujan Turun
Kondisi jalan ketika hujan tentunya akan lebih licin. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan. Hal yang harus Anda hindari saat hujan tiba berkaitan dengan teknik pengereman adalah
• Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin.
• Anda bisa manfaatkan engine brake, gunakan engine brake untuk membantu pengereman.
• Jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lainnya, hal ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak.
• Tutup putaran gas dengan cara di dorong bukan di lepas dari genggaman.
• Tarik tuas rem depan dengan 4 jari ( diremas ) dan injak pedal rem belakang dengan komposisi rem depan lebih banyak.
• Tarik tuas kopling dengan 4 jari sebelum sepeda motor berhenti.
• Turunkan kaki kiri.

1. Pastikan Menyalakan Lampu Kendaraan
Peraturan sekarang memang mewajibkan bagi pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari (sesuai UU No.22/2009 pasal 107). Nah, begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, jadi penggunaan lampu merupakan solusi agar Anda bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain.
2. Jangan Terlalu Dekat dengan Kendaraan Besar
Berkendara dekat dengan kendaraan besar seperti truk atau bus adalah suatu hal yang berbahaya. Selain sulit bagi anda melihat kondisi jalan di depan, kendaraan besar juga seringkali tidak bisa melihat kendaraan kecil yang membuntutinya, apalagi dalam kondisi hujan
3. Baiknya Berhenti Jika Keadaan Memburuk
Jika dirasa hujan terlalu lebat ada baiknya jika Anda berhenti di pinggir jalan untuk berteduh. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat Anda juga sambil mengistirahatkan badan, karena hujan yang turun terlalu lebat akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Jarak pandang menjadi terbatas, sehingga membuat pengendara harus lebih berhati-hati. Tunggu sampai hujan sedikit reda, baru Anda bisa lanjutkan perjalanan.
4. Tingkatkan Kewaspadaan Saat Berkendara
Ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa jalan akan tergenang air di titik-titik tertentu, dimana kita tidak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak. Dengan keadaan ini tentunya pengendara wajib meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara di waktu kondisi hujan. Dengan menjadi lebih waspada tentunya Anda meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.
5. Berkendara dengan Kecepatan Rendah
Kecepatan yang tinggi dapat membuat motor tergelincir akibat berkurangnya traksi. Karena itu, ada baiknya menggunakan kecepatan rendah saat turun hujan agar pengendara memiliki kendali penuh pada kendaraan.

Sebenarnya apapun kondisinya baik hujan ataupun tidak, yang terpenting bagi pengendara adalah selalu waspada dan jangan terlalu memaksakan. Nah, demikian tips yang sudah kami bahas diatas? Jangan khawatir dengan tips yang sudah ada, tentunya Anda akan aman kok berkendara saat hujan datang. Lagian sebagai seorang pengendara motor tidak ada jalan lain bukan, jadi pengendara tetap harus tenang dan waspada hingga sampai ke tujuan. #Cari_Aman Saat Naik Motor Honda.(bul)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional