Camat Kediri Dorong Desa Buat Awik-awik Cegah Narkoba

Camat Kediri, Hermansyah dan Kapolsek Kediri, Arjuna Wijaya. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemerintah Kecamatan Kediri, Lombok Barat (Lobar), mendorong seluruh desa membuat awik-awik pencegahan narkoba, menyusul tingginya angka kasus narkoba di kawasan kota santri itu. “Kita dari pihak kecamatan sudah melakukan koordinasi dengan beberapa kepala desa untuk melakukan pengawasan secara melekat melibatkan unsur-unsur kadus, tokoh masyarakat, tokoh agama,”  ungkap  Camat Kediri, Hermansyah dikonfirmasi, Jumat, 29 Januari 2021.

Tak hanya itu, koordinasi kepada Gerakan Peduli Anti Narkoba (GPAN) kecamatan Kediri sudah dilakukan pihaknya. Agar membuat jaringan dari desa hingga dusun memberikan edukasi kepada masyarakat terutama para pemuda terkait bahaya penggunaan narkoba. “Dan jika ada masyarakat atau anak muda yang sudah terkena (narkoba) kita sarankan untuk melakukan rehabilitasi. Itu langkah cepat yang kita lakukan dan hari itu kita lakukan koordinasi,” jelasnya.

Iklan

Terkait dugaan datangnya narkoba itu dari pendatang, Hermansyah belum berani menyimpulkan dan akan melakukan kroscek kepada para kepala desa dan dusun.“Untuk memastikan apakah benar yang telibat (Narkoba) itu berasal dari orang luar Kediri. Bisa saja itu terjadi, tapi itu kita kroscek lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, langkah pencegahan peredaran narkoba terus dilakukan jajaran Polsek Kediri. Menurut Kapolsek Kediri, AKP Arjuna Wijaya, bersama pihak kecamatan, pemerintah desa hingga sekolah tetap bekoordinasi untuk memberikan sosialisasi bahaya narkoba.“Tentunya bersama bhabinkamtibmas turun kedesa, saya pun bekerjasama dengan pihak sekolah dan masyarakat terkait imbauan-imbauan menghindari dan menjauhkan dari penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Selain itu,  pihaknya melakukan pendekatan melalui tokoh agama dan tokoh mayarakat dalam menyerap aspirasi. Sedangkan dalam langkah penindakan pihaknya tetap membackup pihak Satresnarkoba Polres Lobar dalam memberantas narkoba.“Dalam rangka untuk memberantas narkoba dalam hal pencegahan (Polsek). Kalau penindakan Polres Lobar,” tegasnya. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional