Calon Makin Ramai, Amin Akui Belum Tentukan Manuver Politik

Mataram (suarantb.com) – Banyaknya nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang muncul dalam bursa Pilkada 2018 disambut positif Wakil Gubernur NTB, H.Muh. Amin. Malah ia menyatakan makin banyak calon, makin bagus.

“Kita apresiasi bakal calon yang banyak itu, ternyata sumber daya manusia kita NTB ini banyak, bagus. Ndak masalah, makin banyak makin bagus, makin banyak pilihan rakyat. Nanti kita berkompetisi secara sehat,” ungkapnya, Selasa, 30 Mei 2017.

Iklan

Ditanya mengenai manuver politiknya, Amin mengaku belum ada langkah yang segera ditempuh. Semuanya dibiarkan berjalan alamiah.

“Kita kan koalisi, kita ada partai kok. Kita siap berkoalisi dengan partai mana saja, ndak usah sebut pribadi dulu, sebut partai dulu. Gabung dengan Demokrat kenapa tidak? Dengan Golkar, ada banyak kan,” ucapnya.

Secara pribadi, Amin tidak menampik kemungkinan untuk berkoalisi dengan calon independen. Namun, ia ingin mendahulukan partai. Sebagai Ketua DPD Partai Nasdem NTB, pendapat kader yang ada di kabupaten/kota juga perlu diperhitungkan.

“Demokratisnya, nawarkan dulu ke teman-teman ayo yang memenuhi syarat siapa. Tapi kalau yang memenuhi syarat ketuanya, ya alhamdulillah. Kalau ndak memenuhi syarat ya jangan,” jawabnya sambil tertawa.

Munculnya nama Suhaili dari Golkar, Rohmi Djalilah dari Demokrat dan nama yang diusung sejumlah partai dianggapnya suatu kewajaran. Amin menilai semuanya masih dalam proses seleksi. “Semua mengeluarkan calon wajar, kan ada calon internal ada calon eksternal. Semuanya masih dalam proses seleksi,” tambahnya.

Persaingan tokoh yang yang masuk dalam bursa calon gubernur juga masih belum bisa diprediksi hasilnya. Lantaran, angka swing voter yang menurut Amin masih tinggi.

“Itu kan masih dinamis, karena swing voter-nya masih tinggi sekitar 60-70 persen. Di calon gubernur itu memang sangat kompetitif dari yang beredar selama ini, tapi itu masih dinamis,” tambahnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here