Calon Mahasiswa Berprestasi, Pemprov NTB Siapkan Beasiswa

H. Aidy Furqan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Provinsi NTB memberikan beasiswa beprestasi bagi masyarakat yang kurang mampu untuk bisa masuk ke perguruan tinggi di NTB. Pemberian beasiswa itu dimulai pada tahun akademik 2020/2021 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd., pada Jumat, 24 Juli 2020 mengatakan, Pemerintah Provinsi NTB memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang berprestasi, tapi kurang mampu secara ekonomi. Hal itu diatur melalui Peraturan Gubernur Nomor 2 tahun 2020 tentang Pemberian Beasiswa.

Iklan

“Jumlah memang tidak banyak, terbatas, hanya jurusan-jurusan tertentu yang diperlukan sekali oleh provinsi kita. Dimulai di tahun akademik baru ini,” ujar Aidy.

Menurutnya, pemberian beasiswa itu diarahkan ke perguruan tinggi-perguruan tinggi swasta yang ada di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Diakuinya jumlah atau kuota mahasiswa penerima beasiswa terbatas. Beasiswa itu diberikan untuk menopang dan mendorong sumber daya manusia (SDM) di NTB. “Untuk mendorong Angka Partisipasi Murni (APM), Angka Partisipasi Kotor (APK), dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” ujarnya.

Aidy menjelaskan, pemberian beasiswa itu menyasar siswa kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi. Pihaknya menyerahkan keputusan seleksi kepada pihak perguruan tinggi. Dinas Dikbud NTB akan mendukung dari sisi anggaran.

“Perguruan tinggi yang minta menyeleksi, kami mendukung anggarannya, yang tahu betul kondisinya kan perguruan tinggi, siapa yang berprestasi, siapa yang layak menerima beasiswa itu,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pihaknya akan ada nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas Dikbud NTB dengan perguruan tinggi swasta terkait pemberian beasiswa itu. “Kami menyediakan media melalui beasiswa, akan ada MoU antara Dikbud dan perguruan tinggi swasta,” katanya.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Akademik, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram, Drs. I Putu Gede, M.Par., mengatakan di tahun akademik 2020/2021 ada beasiswa dari Dinas Dikbud NTB untuk mahasiswa baru. Menurutnya kuota mahasiswa baru yang memperoleh beasiswa sebanyak empat orang. Pihaknya akan memilih calon mahasiswa penerima beasiswa itu yang berasal dari desa wisata. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional