Calo Tanah Tipu Pembeli Rp160 Juta

Kapolresta Mataram Heri Wahyudi didampingi Kasatreskrim Kadek Adi Budi Astawa (tengah) menunjukkan barang bukti kasus penipuan jual beli tanah, Kamis, 27 Mei 2021.(Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Calo tanah berinisial RI (31) ditangkap polisi. Pria ini menjembatani jual beli tanah seluas 5 are di Gomong Lama, Selaparang, Mataram. Uang muka Rp160 juta tidak diserahkan ke pemilik tanah. Malah dipakai untuk membayar utang. Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi mengatakan, tersangka warga Kekalik, Sekarbela, Mataram ini menawarkan jual beli tanah melalui media sosial Facebook.

“Tanah ini disepakati untuk dijual dengan harga Rp1,4 miliar,” ucapnya, Kamis, 27 Mei 2021 didampingi Kasatreskrim Kompol Kadek Adi Budi Astawa. Korbannya, HS setuju. Untuk pembayaran mula, korban menyerahkan tanda jadi Rp10 juta pada Juni 2019. Kemudian sebulan berselang, pembayaran kedua Rp150 juta. Dua kali pembayaran ini menjadi yang terakhir. Tersangka RI kemudian menghilang.

Iklan

Dari komunikasi awal lewat Facebook, tersangka tampak sangat meyakinkan. Sampai pembicaraan beralih ke pesan instan Whatsapp. Dari negosiasi yang makin intens, tersangka memberi bukti untuk lebih meyakinkan korban. Caranya, mengirimkan foto diri tersangka bersama sertifikat tanah yang hendak dijual tersebut. Korban dan tersangka akhirnya sepakat bertemu. Sekaligus meninjau fisik tanah yang akan diperjualbelikan itu.

Kesepakatan terjadi di lokasi tersebut. Tetapi proses jual beli tidak dilanjutkan karena RI ingkar dari kesepakatan. RI lalu ditahan setelah diperiksa pada Rabu (26/5) petang lalu di rumahnya. RI dijerat pasal 372 KUHP dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Dari hasil interogasi, RI mengaku uang tersebut tidak langsung dia teruskan kepada pemilik tanah. Melainkan dipakai sendiri untuk keperluan pribadi. Padahal, korban sebagai pembeli sudah bersedia melunasi pembayaran. “Uangnya dipakai untuk membayar utang dan keperluan dia sehari-hari,” tandas Heri. (why)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional