Caleg Gagal Gelapkan Tiga Mobil Sewaan

Dua tersangka penggelapan mobil (kanan) diamankan di Polda NTB, Rabu, 12 Agustus 2020. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Bisnis tokek membuat PIH (52) kelimpungan. Modalnya habis sampai membuat warga asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini ambil jalan pintas. Tak tanggung-tanggung tiga mobil digelapkan sampai Rp85 juta. Caleg DPR RI Dapil Kalsel 1 yang gagal terpilih ini pun ditangkap.

Modus itu yang menyeretnya ke sel penjara. “Uang gadainya dipakai bisnis tokek,” beber Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto didampingi Wadirreskrimum Polda NTB AKBP Awan Hariono, Rabu, 12 Agustus 2020. PIH menggunakan tangan orang lain untuk menyewa mobil. Yakni (HM) seorang sopir asal Kediri, Lombok Barat yang memang punya kenalan di penyewaan mobil Lombok Trust. Hal itu juga yang membuatnya bisa mendapat mobil sewaan lengkap dengan STNK asli.

Iklan

Mobil pertama Toyota Avanza DR 1688 KE disewa pada 30 Mei untuk 14 hari. “Harga sewanya Rp250 ribu per hari. Tersangka HM menyerahkan uang muka sewa Rp1,5 juta,” ungkap Artanto. Sehari kemudian, mobil itu diserahkan ke PIH yang malah menggadaikan ke MA di gudang kayu di Mekar Bersatu, Batukliang, Lombok Tengah. “Mobilnya digadai Rp30 juta,” ungkapnya.

Berselang sehari, HM datang lagi. Saat itu dia menyewa Avanza DR 1055 KE. Lama pinjamannya sama, 14 hari. Begitu juga dengan uang mukanya, Rp1,5 juta. Keesokannya mobil itu digadai lagi seharga 30 juta. Sepekan kemudian, 9 Juni, satu mobil lagi disewa, Avanza DR 1149 AU. Kali itu uang mukanya Rp1 juta. Mobil terakhir ini digadai ke seseorang di Selaparang, Mataram seharga Rp25 juta.

Artanto menjelaskan, pemilik kendaraan mulai curiga setelah batas waktu pengembalian, mobil tidak kunjung datang. Akhirnya tim Puma Polda NTB menindaklanjuti laporan dugaan penggelapan tersebut. Tersangka IH dan HM keduanya ditangkap bersamaan. “Ditangkap di salah satu hotel di Cakranegara,” bebernya.

Tersangka HM mengaku kesal dengan PIH. Dalam pengakuannya, HM merasa dikelabui. “Dia itu mengakunya mau bisnis berlian makanya saya semangat. Kalau tahu dari pertama dia bisnis tokek sudah saya pukuli dia,” kata HM kesal karena ikut terseret masuk penjara dengan ancaman pasal 372 KUHP tentang penggelapan.

Artanto mengatakan, PIH merupakan politikus yang pensiun setelah gagal melenggang ke Senayan dalam Pemilu 2019 lalu. “Pernah maju tapi tidak dapat,” ucapnya. Berdasarkan dokumen Model DC1-DPR yang diunduh dari laman KPU Provinsi Kalsel, PIH alias Pangeran Iberahim menjadi Caleg nomor urut 1. Perolehan suaranya hanya 3.184 suara. Iberahim gagal memperebutkan salah satu dari enam kursi Dapil Kalsel 1. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here