Cakupan Rendah, Vaksinasi di Kabupaten Bima Terus Digenjot

Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Desa Tambe Kecamatan Bolo, Senin (13/8). (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Program atau kegiatan vaksinasi bagi semua kelompok warga di wilayah Kabupaten Bima terus digenjot oleh Pemerintah daerah setempat. Pasalnya cakupannya dianggap masih rendah.

“Cakupan vaksinasi kita masih rendah, makanya sekarang terus digenjot,” kata Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, saat meninjau vaksinasi tingkat Kecamatan Bolo yang dipusatkan di Desa Tambe, Senin, 13 September 2021.

Iklan

Lebih lanjut Ia mengatakan, untuk mengenjot program vaksinasi, semua Kecamatan dipasang target bervariatif sesuai jumlah penduduk. Wilayah Kecamatan terpadat targetnya mencapai ratusan orang yang akan divaksin setiap hari. “Sementara wilayah Kecamatan yang tidak terlalu padat penduduknya ditargetkan puluhan orang yang divaksin setiap harinya,” katanya.

Mengapa perlu vaksinasi? Menurut dia, selain untuk mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity). Program vaksinasi sebagai langkah dan upaya Pemerintah untuk mencegah penyebaran serta penularan COVID-19. “Namun untuk mencapai dan menuju langkah kekebalan ini, Pemerintah membutuhkan kerjasama semua pihak termasuk warga agar mau divaksin,” katanya.

Bupati juga menegaskan program vaksinasi berlaku untuk seluruh kelompok masyarakat, termasuk ibu hamil dan kelompok rentan. Pelaksanaannya tidak dipungut biaya alias gratis karena semuanya telah ditanggung oleh Pemerintah. “Vaksinasi tidak dikenakan biaya, termasuk untuk calon PNS dan CPPPK. Syaratnya hanya meunjukkan KTP atau indentitas diri lainnya,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ia juga mengingatkan para Tenaga kesehatan (Nakes) yang tergabung dalam Tim Satgas COVID-19 tingkat Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa agar mengutamakan keselamatan saat bekerja. “Disamping mensukseskan program vaksinasi, para Nakes saat bekerja harus tetap mengutamakan keselamatan diri,” pungkasnya. (uki)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional