Cakram Alarm Anti Maling, Pakai Honda Disk Lock

Cakram Alarm Anti Maling, Pakai Honda Disk Lock

Mataram (suarantb.com) – Demi alasan keamanan, banyak pemilik sepeda motor yang memasang pengaman ganda untuk lebih melindungi kendaraannya agar tak mudah dicuri. Sering ditemui pemilik sepeda motor menyematkan gembok pada lubang piringan cakram (disc brake). Namun, apakah benar lubang pada piringan cakram tersebut disediakan sebagai lokasi untuk menyematkan gembok pengaman?

Iklan

Dalam penjelasan Sparepart Sub.Dept Head Astra Motor NTB, Moh. Darunnadwah Aulia, sebenarnya fungsi utama lubang-lubang tersebut adalah untuk melepaskan energi panas dari sistem pengereman akibat adanya gesekan dari kampas dan piringan ketika mengerem.

“Rem cakram diklaim punya performa lebih baik dibanding tromol. Pada piringan cakram, umumnya terdapat banyak lubang-lubang. Nah selain untuk melepas panas yang ditimbulkan akibat pengereman, lubang tersebut juga dapat difungsikan sebagai media untuk menyematkan tambahan pengaman atau gembok untuk sepeda motor. Honda mengeluarkan varian yang termasuk dalam Honda aksesoris yaitu Honda Disk Lock. Fungsinya untuk menambah keamanan dari sepeda motor apabila kunci stang saja dirasa kurang aman,” jelas Uun panggilan akrabnya.

Honda Disk Lock dapat dipasang pada lubang ventilasi cakram pada ban di bagian depan atau belakang. Fungsinya adalah untuk mengikat velg dan cakram motor sehingga tidak bisa berputar. Pada beberapa tipe sepeda motor Honda, teknologi canggih telah disematkan dengan fitur keamanan seperti Honda Smart Key, Alarm System, dan Secure Key Shutter yang didampingi dengan tombol pembuka jok untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor.

Honda Lock Disk ini diharapkan dapat menjadi aksesoris tambahan guna mencegah terjadinya curanmor. Aksesoris ini dapat digunakan pada segala jenis sepeda motor Honda yang memiliki cakram. Untuk harganya sendiri hanya Rp95 ribu.

“Bagi konsumen yang ingin memiliki aksesoris Honda Disk Lock ini dapat membelinya di Dealer Honda dan jaringan toko sparepart Honda yang ada di Nusa Tenggara Barat,” tutup Uun. (bul)