Cairkan Gaji Ke-13 ASN

0
Sudarmanto (Suara NTB/ist)

PEMERINTAH mencairkan gaji ke-13 untuk 26.910 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pusat yang ada di NTB. Untuk pembayaran gaji ke-13 untuk puluhan ribu ASN Pusat yang ada di NTB, Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp150 – 170 miliar.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) NTB, Sudarmanto, S.E., M.M., Kamis, 3 Juni 2021 mengatakan pembayaran gaji ke-13 tersebut untuk meringankan beban biaya pendidikan para putra-putri PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan diberikan Gaji ke 13 yang berasal dari APBN dengan ditetapkannya PP Nomor 63 Tahun 2021.

IKLAN

Dijelaskan, untuk melaksanakan amanat PP tersebut, Menteri Keuangan telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji ke 13 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan yang bersumber dari APBN.

Sama halnya dengan tahun sebelumnya, pemberian gaji Ke 13 diberikan kepada seluruh Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan. Kepada PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, dan Pegawai Non-Pegawai Aparatur Sipil Negara yang bertugas pada Lembaga Penyiaran Publik, sebesar gaji pokok ditambah tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Sementara, untuk Calon PNS diberikan 80 persen dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga tunjangan pangan, dan tunjangan umum, sesuai jabatannya dan/atau pangkat golongan/ruangnya. Sedangkan Pensiunan dan Penerima Pensiun diberikan pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan. Kepada Penerima Tunjangan diberikan sebesar tunjangan yang diterima oleh Penerima Tunjangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pemberian gaji ke 13 tidak diberikan kepada Pegawai Non-ASN yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai satpam, pengemudi, petugas kebersihan, dan pramubakti,” jelasnya.

Sudarmanto menjelaskan dasar pemberian gaji ke 13 tahun 2021 adalah gaji yang diberikan pada bulan Juni tahun 2021 dan tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain berdasarkan peraturan perundang-undangan. Pemberian gaji ke 13 tahun 2021 dikenakan pajak penghasilan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah.

Pengajuan SPM Gaji ke 13 tahun 2021 sudah bisa diajukan ke KPPN mulai  tanggal 2 Juni dan pencairannya akan dibayarkan tanggal  3 Juni 2021. Begitu seterusnya, semakin cepat permintaan pembayaran Gaji ke 13 diajukan ke KPPN maka  semakin cepat pula Gaji ke 13 bisa dicairkan ke para Aparatur Negara.

Ia menyebutkan jumlah ASN Pusat di NTB yang akan menerima Gaji ke 13 sebanyak 26.910 pegawai. Dengan rincian ASN Kementerian/Lembaga Negara sebanyak 14.100, Polri sebanyak 9.440, dan TNI sebanyak 3.370.

‘’Khusus untuk ASN Pemda, pencairan Gaji ke 13 masih memerlukan Peraturan Kepala Daerah,’’ katanya. Pencairan gaji ke 13, berdasarkan data pencairannya tetap mengacu pada PP Nomor 63 Tahun 2021. (nas)