Cair Pekan Ini, Lobar Siapkan Rp 2 Miliar untuk Honor GTT

Giri Menang (Suara NTB) — Pencairan honor para Guru Tidak Tetap (GTT) dan operator sekolah akan dibayarkan pada pekan ini. Honor untuk kebutuhan dana pembayaran gaji GTT dan tenaga operator ini diperlukan total Rp2 miliar. Honor ini dihajatkan untuk memudahkan para guru untuk membeli kebutuhan pada saat lebaran nanti. Dikbud berharap agar honor bisa sedikit membantu para guru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lobar, M. Hendrayadi mengakui jika terlambatnya pencairan itu sempat terkendala administrasi. Namun sejauh ini proses pengurusan untuk pencairan itu masih terus berjalan di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lobar.“Insya Allah minggu ini keluar, paling telat Kamis atau Jumat,” ungkapnya di ruang kerjanya, Selasa, 5 Juni 2018.

Iklan

Menurutnya, pihaknya menyiapkan anggaran sekitar Rp2 miliar untuk pencairan honor 1.463 GTT dan tenaga operator sekolah selama 5 bulan. Di mana masing-masing GTT dan tenaga operator menerima Rp400 ribu per bulannya. Sehingga jika dikalkulasikan selama 5 bulan masing-masing akan menerima Rp2 juta.”Sekitar Rp2 miliaran kita siapkan,” ucapnya.

Nantinya pembayaran itu akan dilakukan non tunai atau masuk kedalam rekening masing-masing UPT setiap kecamatan. Barulah selanjutnya masing-masing UPT yang akan menyalurkan kepada para GTT dan tenaga operator sekolah secara tunai.“Kalau bulan Juli baru masuk rekening masing-masing GTT, kalau sekarang masuk rekening ATMnya belum bisa dipakai,” ungkapnya.

Diakuinya para GTT sudah dibuatkan rekening untuk penerimaan honor tersebut. Hanya saja dari pihak bank belum bisa menyangupi jika pencairan itu dapat digunakan sebelum tanggal 9 Juni.“Dari pada mereka tidak bisa manfaatkan, kita salurkan tunai dulu,” pungkasnya. (her)