Cabor Futsal Jamin Keabsahan Atlet

Para atlet futsal peserta Pelatda PON NTB menjalani latihan di Mataram belum lama ini. (Suara NTB/KONI NTB)

Mataram (Suara NTB) – Data keabsahan  atlet yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2020 akan diperketat oleh Pengurus Besar (PB) PON. Namun demikian pengurus cabang olahraga futsal memastikan data keabsahan atlet futsal NTB aman.

“Kita sudah mengecek NIK (Nomor Induk Kependudukan) semua atlet sejak mengikuti Pra-PON, dan semua atlet aman dan dapat main di PON,” ucap Sekretaris Umum (Sekum) Asosiasi  Futsal Provinsi (AFP) NTB, Agus Sukmayadi, ditemui Suara NTB di Mataram, Rabu, 26 Februari 2020.

Iklan

Dikatakan Agus, terkait data keabsahan atlet NTB yang akan ambil bagian  di PON bahwa pemain futsal NTB sudah tidak ada masalah. Pasalnya semua pemain NTB yang tampil di Pra-PON Futsal di Jatinangor, 20-22 Desember 2019 sudah dipastikan lolos dan dipastikan  tak ada kendala untuk tampil di PON.

Menurut Agus, data keabsahan atlet futsal NTB yang lolos PON sudah diterima oleh pihak penyelenggara Pra-PON, PSSI serta Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri. Dan dipastikan tim Futsal NTB diperkuat sebanyak 14 atlet hasil seleksi oleh AFP NTB menjelang Pra-PON 2019.

Mereka adalah Sukri Hamdani, Feriz Al Bari, Stefanus Aldyanto Charisma Joan, dan Muhammad Arya Abi Pertama asal Mataram. Kemudian Satria Maulidi Paksa, Makrifatul Amri, Dede Rahmadi, Khairul Azmi, dan Muhamad Wildan asal Loteng.

Selanjutnya, Romi Humandri asal Lotim, I Kadek Oka Darma Putra asal Sumbawa, Moh Rizki Hadisaputra dan Muhamad Fajrin Akbar asal Dompu, serta Wahyu Hidayat asal Kota Bima. Belasan atlet itu sebelumnya pemain Porprov NTB 2018.

Diakui Agus, syarat untuk  data keabsahan atlet yang lolos PON berdasarkan  data Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diterbitkan paling lambat bulan September 2018. Dan pihaknya  memastikan atlet futsal NTB aman, sebab pihaknya sudah mengecek NIK semua atlet sejak mengikuti Pra-PON 2019. (fan)