Cabor Atletik Siapkan Regenerasi

Pelatih atletik NTB, Arya Yuniawan (satu dari kanan) sedang memberikan arahan kepada  sejumlah atlet sebelum melatih atlet atletik usia muda dan senior di Lapangan Lawata Mataram, Selasa, 2 November 2021.(Suara NTB/fan)

Mataram (Suara NTB) – Cabang olahraga atletik menyiapkan stok atlet muda untuk mempertahankan tradisi medali emas di nomor lompat jauh dan jangkit dan 400 meter putra. Saat ini ada dua atlet yang tengah disiapkan di tiga nomor andalan atletik itu.

Pelatih Spesialis nomor lompat atletik NTB, Arya Yuniawan  yang dihubungi Suara NTB disela-sela melatih atlet atletik di Lapangan Atletik Lawata Mataram, Selasa, 2 November 2021 mengatakan saat ini  atlet lompat jauh dan lompat jangkit NTB sudah pada senior semua. Seperti Sapwaturrahman dan Rohani usianya sudah senior.

Iklan

Begitu juga di nomor 400 meter dan 4×400 meter putra sudah kehilangan regenerasi atlet. Hal ini bisa dilihat dari hasil PON XX di Papua 2021 di mana nomor 400 meter dan estafet 4×400 meter gagal mempersembahkan medali. “Lompat jauh dan  lompat jangkit atletnya  sudah beranjak senior semua. Di nomor 400 meter dan estafet 4×400 meter  juga kita siapkan juniornya,” ucapnya.

Terkait dengan usia atlet yang beranjak senior (26 tahun ke atas)  Arya bersama rekan pelatih lainnya sudah mulai mengambil ancang-ancang mempersiapkan atlet muda. Hal itu untuk mempertahankan prestasi atletik NTB di beberapa nomor andalan.

Dikatakan Arya, saat ini baru dua atlet muda yang sudah  ia siapkan untuk melanjutkan  estafet  di nomor lompat jauh dan lompat jangkit. Kedua atlet itu  diambil dari hasil pemantauan bakat para pelatih. Tak hanya di nomor lompat jauh dan lompat jangkit, Arya bekerjasama dengan pelatih lainnya juga akan menyiapkan nomor 400 meter dan estafet 4×400 meter putra.

Prestasi di nomor estafet 4×400 meter NTB diakui Arya sudah mulai redup. Hal ini bisa dilihat dari hasil Pra- PON 2019 dan di PON XX Papua 2021, dimana NTB gagal meriah medali di nomor tersebut. Padahal nomor estafet 4X400 meter putra pernah meraih medali emas di PON Jabar 2016.

“Khusus lari 400 meter  dan estafet 4X400 meter mungkin akan kita siapkan Arif Rahman yang tangani dulu,” ucapnya seraya menambahkan bahwa  dua atlet junior NTB masih dalam tahap belajar, kemungkinan dua tahun lagi baru terlihat hasilnya. Harapannya minimal bisa lolos limit PON. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional