Butuh Rp400 Miliar Bangun Pelabuhan Nusantara

Drs H. Bambang M. Yasin. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Pembangunan pelabuhan Nusantara di Kilo diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp400 Miliar. Lahan seluas 32 ha yang dibebaskan pemerintah daerah (Pemda) Dompu sudah dihibahkan ke Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI dan diperuntukan bagi pembangunan pelabuhan.

“Dalam perjanjian hibah jelas disebut, bahwa tanah itu diperuntukan untuk pembangunan pelabuhan Nusantara. Jadi mereka (pemerintah pusat) tidak punya pilihan lain untuk pemanfaatannya kecuali untuk pembangunan pelabuhan,” kata Bupati Dompu, Drs H. Bambang M. Yasin di Dompu.

Iklan

Lahan seluas 32 Ha yang dibebaskan Pemda di Desa Mbuju Kecamatan Kilo itu, semuanya dihibahkan. Walaupun untuk rencana pembangunan pelabuhan itu cukup dengan 25 ha dan Dirjen Perhubungan Laut yang akan membagi penggunaan lahan tersebut.

Drs H. Bambang M. Yasin juga menyampaikan, semua prosedur, mekanis untuk menuju proses pembangunan secara fisik sudah dimulai. “Jadi keputusannya sekarang ini, ada di pemerintah pusat dalam hal ini (Dirjen) Perhubungan Laut. Kita doakan, semoga secepatnya segera direalisasikan,” harap H. Bambang.

Ia pun mengungkapkan, diantara catatan Pemda Dompu untuk mewujudkan pembangunan pelabuhan Nusantara Kilo terkait pengumuman PT Sumbawa Timur Mining (STM) selaku pemilik Kontrak Karya (KK) yang menemukan potensi tambang bijih tembaga – emas Onto sebesar 1,97 milyar ton ons. (ula)