Bupati Sumbawa Rombak Puluhan Pejabat Eselon II

Pelantikan para pejabat eselon II yang dilantik dalam mutasi yang digelar Senin,  4 Februari 2019 di Kantor Bupati Sumbawa. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pemerintahan H. M. Husni Djibril, B.Sc dan Drs. H. Mahmud Abdullah (Husni-Mo) kembali merombak jajaran perangkat kerjanya, Senin,  4 Februari 2019, di kantor Bupati.  Sebanyak 20 pejabat eselon II, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) digeser. Mutasi yang dinilai Bupati sebagai mutasi penuh harapan.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 307 tahun 2019. Adapun pejabat struktural yang dilantik yakni A. Rahim, S.Sos sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, menggantikan H. Didi Darsani, A,Pt yang kembali menjabat sebagai Kadis Kesehatan. Sudirman Malik, S.Pd.,M.Pd dipercaya sebagai Asisten Adminintrasi Umum Setda, diganti Syahril, S.Pd sebagai Kadis Dikbud.  Drs. H. Hasan Basri bergeser menjadi  Kepala Bapenda menggantikan  Wirawan, S.Si.,MT yang kini sebagai Kepala BPKAD menggantikan Drs. H. Baharuddin, M.Si yang dipercaya sebagai Inspektur. Kemudian Syafruddin Nur menjadi  Kepala Dinas Pangan, Ir. A Yani menjabat sebagai Kadis Sosial menggantikan Tri Karyati, S.Sos yang dipercaya sebagai Kepala Dinas P2KBP3A.  Ir. Iskandar.D. M.Ec.Dev yang sebelumnya sebagai Kepala Bappeda bertukar tempat dengan Ir. H. Junaidi, M.Si sebagai Kepala Dispopar. Tarunawan, S.Sos sebagai Kepala DPMPTSP, Ir. Talifuddin sebagai Kadis pertanian, Ir. H. Ibrahim menjabat sebagai Kepala Dispussip, Dr. M. Iksan Syafitri, M.Si sebagai Kepala Disnakertans. Sedangkan Ir. Lalu Suharmadji, MT menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, dan  Drs. Zainal Abidin yang sebelumnya menjabat Kepala Pelaksana BPBD dipercaya sebagai Staf Ahli Bupati Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan diganti oleh Ir. A. Rahim yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas PRKP. Selain pejabat struktural, juga dilakukan pelantikan terhadap 1 pejabat fungsional yakni  dr. Koeswardono, H. sp.A.

Iklan

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc  menilai mutasi ini adalah mutasi penuh harapan dan dinantikan oleh sebagian besar aparatur. Dimana akan terbuka peluang bagi para pejabat eselon III untuk dipromosi ke jenjang yang lebih tinggi. Begitu juga pejabat eselon IV akan memiliki kesempatan untuk naik ke eselon III, dan para staf pun berkesempatan mengembangkan karier mereka menduduki jabatan eselon IV. Bahkan dalam posisi jabatan fungsional pun, berkesempatan mengembangkan karier.

“Mutasi yang kita gelar hari ini juga merupakan salah satu wujud ikhtiar kami untuk meningkatkan akselerasi birokrasi dalam pencapaian target-target pembangunan,” ujarnya.

Diketahui, beberapa pejabat struktural di lingkup Pemkab Sumbawa telah memasuki masa purna tugas  atau pensiun. Sehingga dengan lowongnya beberapa posisi jabatan tersebut, maka mutasi yang digelar ini adalah sebuah  keniscayaan, agar tugas-tugas pemerintahan tetap dapat terlaksana dengan baik dan lancar

Usai mutasi, Ketua Komisi I DPRD Sumbawa, Syamsul Fikri M.Si, menilai mutasi kali ini cukup baik. Bila melihat penempatan pejabat sesuai dengan kompetensi dan keahliannya. Diharapkan pejabat baru dapat lebih cepat berakselerasi menjalankan program kerja. Serta diminta kepada Bupati untuk segera membentuk Tim Pansel lelang jabatan sejumlah jabatan eselon II yang kini masih kosong. Agar nantinya dapat terisi sesuai kebutuhan organisasi daerah. (ind/arn)