Bupati Sumbawa Lantik Kades Poto Terpilih

Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah saat melantik Fathul Muin sebagai Kades Poto di Aula H. Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Selasa, 4 Mei 2021.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah melantik Fathul Muin, SP sebagai Kades Poto terpilih di Aula H. Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Selasa, 4 Mei 2021. Sesuai dengan SK Bupati Sumbawa Nomor 392 Tahun 2021, tentang pemberhentian penjabat Kepala Desa Poto dan pengesahan pengangkatan Kepala Desa Antarwaktu Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa masa jabatan 2021-2026.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya meminta  kepada Kades Poto terpilih untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. “Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab saudara,” ujarnya.

Iklan

Bupati juga  berpesan agar segera mempelajari dan memahami tugas, kewajiban dan wewenang sebagai kepala desa. Menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh pengurus kelembagaan di desa. Kemudian segera membenahi sumber daya aparatur, sumber pendapatan desa dan penerapan manajemen yang baik. Tidak kalah pentingnya di tengah pandemi covid-19 saat ini, agar segera bertindak cepat dalam mendukung kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten dalam percepatan penanggulangan covid-19. Antara lain dengan melaksanakan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) melalui pembuatan pos jaga desa dan juga pembentukan relawan desa lawan covid-19.  Kades juga diminta untuk tetap menjaga kondusifitas desa dengan sebaik-baiknya. Pegang teguh seluruh peraturan yang berlaku termasuk dalam hal pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa. “Tidak diperkenankan mengganti perangkat desa karena perbedaan pilihan politik selama Pilkades,” pesan Bupati.

Selanjutnya, Bupati menekankan Kades Poto agar mampu memahami kondisi wilayah desa baik secara geografis maupun administratif. Desa harus punya data yang jelas dan valid, mulai dari data berapa warga miskin di desanya, data potensi wilayah, serta data-data lainnya. Sehingga dengan data ini, kepala desa maupun aparatur desa lainnya akan mudah dalam menjalankan roda pemerintahan desa dan membina masyarakatnya. Terkait peristiwa kebakaran  yang terjadi di dua desa beberapa hari terakhir, Kades Poto diingatkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang urgensi mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan dibandingkan tindakan responsif pada saat terjadi kebakaran.

Kades Poto terpilih, Fathul Muin, SP menegaskan, pihaknya akan segera melakukan percepatan guna mengejar ketertinggalan selama waktu lima tahun masa jabatan. Desa Poto sendiri mempunyai program nasional yang sudah dipercayakan oleh pusat sebagai desa pemajuan kebudayaan. Nantinya setiap perencanaan pembangunan  rujukanya harus ke program pemajuan kebudayaan. “Itulah yang akan saya lakukan dalam waktu lima tahun,” terangnya.

Hal lainnya, ia bertekat untuk mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Karena  melalui Bumdes satu-satunya yang bisa diharapkan  untuk kemudian menghasilkan pendapatan asli desa untuk membiayai pembangunan. Terkait penanganan covid-19, pihaknya juga mempunyai komitmen yang sama dengan pemerintah kabupaten hingga pusat. Hal itu akan dilaksanakan secara serius untuk mencegah penularan covid-19. Ia juga akan merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. (ind)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional