Bupati Sumbawa Dapat Penghargaan dari BNN Provinsi

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril mendapatkan piagam penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB, atas upaya Kabupaten Sumbawa yang gencar dalam melakukan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Kalakhar BNK Sumbawa, Kompol Syirajuddin Mahmud kepada Bupati Sumbawa di ruang kerjanya, Kamis, 21 Juli 2016.

Iklan

“Saya bersyukur atas penghargaan dari BNN Provinsi ini. Hal ini tentu hasil daripada kerja tim BNK Sumbawa yang tanpa kenal lelah terus berjuang. Dengan melaksanakan kegiatan secara efektif. Ketika penghargaan ini kita terima, ada tanggungjawab yang amat berat di kemudian hari,” ujar Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril kepada Suara NTB.

Pihaknya akan membuat surat edaran yang ditujukan kepada masyarakat sebagai upaya antisipasi berkembangnya peredaran narkoba di Sumbawa. Surat edaran ini akan disampaikan melalui Camat, Kepala Desa, dan seluruh bagian pendidikan. Selain itu juga perlu mewaspadai peredaran narkoba dalam perangkat kerja.

Kedepan Bupati berencana melakukan tes urine terhadap seluruh perangkat daerah. Guna memastikan ASN tidak terlibat narkoba. “Kalau ada ASN yang terlibat narkoba, saya akan melakukan langkah-langkah yang diisyaratkan oleh undang-undang,” tukasnya.

Sementara Kalakhar BNK Sumbawa, Kompol Syirajuddin Mahmud menyebutkan hanya empat Kabupaten yang menerima penghargaan ini. Yakni Kabupaten Sumbawa, KSB, Kota Mataram, dan Bima. Untuk Sumbawa, dimungkinkannya lantaran sudah melaksanakan program  P4GN.

“Mungkin penilaian dari Provinsi kita sudah aktif melakukan P4GN. Sehingga mendapatkan piagam penghargaan,” ujarnya.

Diakuinya, BNK Sumbawa gencar melakukan kegiatan-kegiatan antisipasi terhadap peredaran narkoba 2006 lalu. Dengan melaksanakan sejumlah kegiatan. Termasuk dalam bulan Ramadhan lalu pihaknya juga gencar memberikan himbauan kepada masyarakat dengan masuk ke masjid-masjid. Sehingga masing-masing orang tua bisa memperhatikan putra – putrinya.

Kedepan pihaknya tetap berkomitmen guna melaksanakan kegiatan P4GN. Dengan terus memberikan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat. “Bagi kami yang paling utama itu pencegahan. Dengan melakukan pencegahan minimal dapat memperkecil permintaan atas narkoba ini. Kalau permintaan kecil maka peredarannya juga akan kecil. Terlebih apabila tidak ada permintaan, otomastis peredarannya tidak ada di Kabupaten Sumbawa,” tukasnya. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here