Bupati Minta Masyarakat Pastikan Lahan Jalan Tani Bebas Masalah

Dompu (Suara NTB) – Kecamatan Pekat kembali menjadi lokasi pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) tahun 2017. Kegiatan TMMD ini akan difokuskan pada kegiatan usulan masyarakat seperti pembukaan jalan usaha tani di Dusun Tanjung Pasir Desa Calabai yang mengakses lahan pertanian seluas 500 ha.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin yang didampingi Dandim 1614/Dompu, Letkol CZI Arif Hadiyanto, SIP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu, H. Supardi, S.Sos, M.Si dan jajaran bidang Cipta Karya Dinas PU Dompu selaku pihak teknis, Sabtu, 13 Mei 2017.

Iklan

Kehadiran Bupati bersama tim ini untuk memastikan usulan masyarakat pada program TMMD tidak menjadi masalah di kemudian hari seperti persoalan pembebasan lahan bagi pembukaan akses jalan dan lainnya.

“Ini untuk memastikan usulan masyarakat yang akan dikerjakan dalam program TMMD tahun 2017,” kata H. Supardi, S.Sos, M.Si kepada Suara NTB.

Tanjung Pasir yang didominasi warga suku Sasak ini memiliki memiliki lahan pertanian yang cukup luas mencapai 500 ha lebih, tapi akses jalannya sangat sulit untuk mengangkut hasil pertaniannya. Akses jalan sudah dirintis para petani setempat, bahkan menghubungkan dengan desa tetangga, desa Pekat.

“Untuk pembuatan jalan ini tidak ada biaya pembebasan lahan. Pastikan lahan yang digunakan untuk jalan, tidak ada masalah dengan pembebasan lahannya,” kata Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin ditirukan kepala Bagian Humas Setda Dompu, Ardiansyah, SE.

Kegiatan TMMD tahun 2017 direncanakan akan dilangsungkan pada Juli mendatang. Namun untuk pra TMMD akan dilakukan sebelum puasa Ramadhan dan sesudah puasa Ramadhan. Ketika puncak TMMD, berbagai aktivitas tinggal diselesaikan.

TMMD tahun 2017 lebih difokuskan pada kegiatan pembangunan infrastruktur pendukung ekonomi rakyat di pedesaan. Kegiatan ini pun dilaksanakan bersama rakyat dalam bentuk kerja bhakti dan ini menjadi bukti kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Selain kegiatan pembukaan akses jalan usaha tani sepanjang 500 meter di Tanjung Pasir, juga akan dilaksanakan kegiatan – kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya dengan tetap menunggu usulan masyarakat dan dikerjakan bersama. (ula/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here