Bupati Lobar Usul Pembangunan Rumah Sakit Pratama di Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) – Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Fauzan Khalid mengusulkan ke Menteri Kesehatan (Menkes) Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM, agar membangun rumah sakit pratama di wilayah Senggigi. Keberadaan rumah sakit ini untuk melayani wistawan asing dan wisatawan nusantara yang banyak berkunjung ke lokasi tersebut.

Bupati mengusulkan pembangunan rumah sakit ini menindaklanjuti kesepakatan bersama antara Menkes dengan Menteri Pariwisata terkait penyediaan fasilitas kesehatan di kawasan wisata untuk menunjang pelayanan ke para wisatawan.

Iklan

Menurut Bupati, rumah sakit perlu ada di kawasan Senggigi, sebab faktanya kunjungan wisatawan asing dengan wisatawan nusantara (lokal) hampir 50 : 50 persen. Para wisatawan ini, jelasnya, tidak sedikit mencari pelayanan kesehatan, sehingga harus berobat ke puskesmas terdekat. Tidak elok jelasnya jika wisatawan asing dilayani di puskesmas, sebab mereka sendiri terbiasa dengan fasilitas kesehatan memadai.

Bentuk keseriusannya mengusulkan pembangunan rumah sakit di Senggigi, Bupati pun telah menyediakan aset daerah yang ada di sekitar kawasan itu sebagai lokasi pembangunan rumah sakit nantinya. “Kami sudah siapkan tanah untuk pembangunan rumah sakit tipe pratama di Senggigi,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan pembangunan kesehatan di Lobar terus menerus ada perbaikan dan peningkatan. Untuk penanganan kasus kematian ibu dan bayi, pihaknya terus bahu-membahu dengan tokoh masyarakat dan toga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya hidup sehat. Termasuk pihaknya menerapkan Germas dan Gemadazi melibatkan semua unsur, baik MUI dan tuan guru. Para tuan guru ini, jelasnya, akan menyampaikan melalui khotbah terkait pentingnya gizi. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here