Bupati Lobar Beberkan Keberhasilan Tekan Kasus Stunting di UMY

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menjadi pembicara di UMY, Selasa, 18 Februari 2020. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Fauzan Khalid, S. Ag., M.Si, menjadi pembicara di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa, 18 Februari 2020. Presentasi dilakukan atas undangan UMY pada acara yang bertajuk ‘Government Gathering on Good and Green Governance’ dengan tag line “Better Government for Better Environment” bertempat di Sportorium UMY.

Dalam acara yang mengundang sejumlah Kepala Daerah ini, Bupati Fauzan mengangkat judul ‘Pelaksanaan Good Governance Pada Era Disrupsi di Kabupaten Lombok Barat’. Bupati juga membeberkan beberapa keberhasilan yang ditorehkan, Seperti halnya menekan kasus stunting hingga di bawah rata-rata nasional dan berhasil nilai SAKIP B serta predikat WTP berturut-turut.

Iklan

Dipaparkan bupati, teori tentang good governance sudah banyak diketahui dan bisa dibaca, namun praktiknya tidak semudah teori. Salah satu hambatannya adalah terkait sistem politik dan budaya masyarakat. Perkembangan teknologi informasi saat ini, ujar bupati, tidak paralel dengan sikap dan budaya masayarakat yaitu tidak banyak masyarakat di daerah yang mampu memanfaatkan teknologi informasi tersebut.

Selain itu, persoalan lainnya, kata bupati, masyarakat cenderung melihat kesuksesan dari sisi fisik dan infrastruktur saja. Dicontohkan, Lombok Barat berhasil menurunkan angka stunting dari sekitar 38% tahun 2014 menjadi sekitar 23% pada Februari 2020 ini, jauh di bawah rata-rata nasional sekitar 28%. Keberhasilan ini telah mendapat penghargaan nasional dan internasional. Namun demikian sulit dianggap kesuksesan oleh masayrakat.

Acara ini dibuka oleh Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto dan dihadiri sejumlah civitas akademika UMY dan tidak kurang dari dua ribu mahasiswa dan undangan lainnya. Selain Bupati Fauzan, sejumlah kepala daerah juga melakukan pemaparan, di antaranya, Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono, Wakil Bupati Gunung Kidul, Drs. H. Immawan Wahyudi, Bupati Kulonprogo, Drs H Sutedjo, Bupati Berau, H Muharram, Bapppeda Kabupaten Empat Lawang dan Bappeda Kota Sabang. Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Kabupaten Lombok Barat dan UMY terkait dengan kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian.(her)