Bupati KSB Minta Gubernur Evaluasi Pembangunan Smelter

H.W. Musyafirin. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB)  – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), HW. Musyafirin mengaku telah meminta kepada gubernur NTB agar mengevaluasi kerja PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) terkait progres pembangunan smelternya.

“Saya sudah nyatakan permintaan itu langsung ke gubernur. Agar provinsi sebagai perpanjangan tangan pusat di daerah mengevaluasi (pembangunan) smelter itu,” sebut bupati.

Iklan

Dikatakan bupati, dari sisi tanggung jawab pemerintah daerah tempat keberadaan smelter PTAMNT. Pemda KSB selama ini sudah berupaya keras menyelesaikan seluruh tanggung jawab kewenangannya. Dengan harapan perusahaan juga menjalankan kewajiban progres pembangunan smelternya sesuai target yang diberikan pemerintah pusat. “Memang apa yang jadi kewenangan kita (KSB) belum sepenuhnya tuntas seperti HGB beberapa ruas lahan. Tapi itu kita sudah koordinasi dengan BPN sehingga dalam waktu dekat akan diselesaikan,” ujarnya.

Selanjutnya bupati menyebutkan, pihaknya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Pemprov NTB. Dalam pertemuan yang rencananya digelar pekan depan itu, bupati memastikan, akan mempertanyakan seluruh hal berkaitan dengan smelter, tidak saja kepada PTAMNT namun juga kepada provinsi yang memiliki kewenangan lebih besar memastikan pabrik pengolah hasil tambang itu bisa selesai tepat waktu.

“Provinsi sebenarnya yang punya banyak andil. Kita kan tidak bisa juga teriak-teriak terus karena tidak banyak kewenangan kita. Jadi sekarang kita segera selesaikan kewajiban saja dulu. Dan saya kira perlu juga evaluasi dari sisi pemerintah untuk tahu di mana sendatan progres smelter itu terjadi. Apa di kita (pemerintah) atau sepenuhnya oleh perusahaan,” pungkasnya.(bug)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional