Bupati KSB Janjikan Pariwisata Jadi Sektor Unggulan

Taliwang (Suara NTB) – Saat ini semakin banyak destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang dikunjungi wisatawan. Hanya saja, wisatawan masih berasal dari wisatawan lokal meskipun beberapa dari mancanegara. KSB memiliki potensi wisata yang mumpuni, mengingat letaknya yang berdekatan dengan pelabuhan. Bupati KSB Dr. Ir. W. Musyafirin, MM., berjanji akan menjadikan pariwisata menjadi sektor unggulan.

“Berapapun anggaran yang diminta untuk sektor pariwisata akan kita usahakan. Karena kita ingin menjadikan sektor pariwisata menjadi yang utama dan salah satu yang kita unggulkan,” ujarnya di Taliwang, Senin, 3 April 2017.

Iklan

Ia melihat potensi wisata yang dimiliki Gili Balu sangat bagus. Begitupula destinasi wisata di tempat lainnya. Menurut dia sektor ini mampu menggerakkan ekonomi masyarakat KSB, apabila digarap lebih serius. Sehingga Pemda KSB akan memberikan porsi anggaran yang lebih untuk memaskismalkan potensi ini.

Musyafirin juga berharap dukungan lebih dari Pemda NTB. Sebab menurutnya potensi wisata di Sumbawa tidak kalah dengan wisata yang ada di Lombok. Mengingat selama ini wisatawan lebih banyak berkunjung ke Pulau Lombok dibandingkan Pulau Sumbawa.

“Disini banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kami berharap Pemda Provinsi NTB juga bisa terus memberikan dukungan agar sektor ini bisa lebih maksimal, khususnya KSB. Terutama yang berkaitan dengan akses,” ujarnya.

Ia juga berharap para pelaku pariwisata mau membuatkan paket tour ke KSB. Sehingga akan semakin banyak wisatawan yang datang. Baik wisatawan nusantara mupun wisatawan mancanegara. Selain itu promosi juga bisa terus dilakukan. Agar semakin banyak calon wisatawan yang tahu tentang Pulau Sumbawa, terutama KSB.

“Saya berharap Bandara di Sekongkang ini bisa beroperasi dengan maksimal. Selama ini kan kendala kita pada akses. Dengan adanya bandara ini saya berharap akan mempermudah wisatawan yang akan datang berkunjung,” harapnya.

Saat ini Pemda KSB tengah gencar melakukan promosi pariwisata melalui sejumlah event. Saat ini juga tengah berlangsung Festival Pesona Mantar. Dalam event ini dipromosikan pula sejumlah kebudayaan asli KSB yang diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. (lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here