Bupati Instruksikan KSB Siaga Bencana

Taliwang (Suara NTB) – Mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana yang dapat melanda selama musim penghujan kali ini, bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menginstruksikan kepada seluruh kepala SKPD untuk tetap siaga dari bencana. “Saya minta semua kepala dinas jangan ada yang tidur nyenyak menghadapi kondisi cuaca seperti sekarang ini,” ujarnya kepada wartawan, Senin, 19 Desember 2016.

Menurut dia, kepala SKPD tanpa melihat instansi kerjanya punya tanggung jawab turut serta mengantisipasi kemungkinan bencana yang terjadi. Melakukan koordinasi secara intens dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) guna mengetahui perkembangan setiap langkah tindakan pemerintah dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. “BPBD leader-nya dan seluruh SKPD harus ikut ambil bagian tanpa terkecuali untuk antisipasi dan penanggulangannya,” tegasnya.

Iklan

Bupati mengatakan, beberapa gejala ancaman bencana sudah mulai terlihat di beberapa wilayah. Seperti misalnya banjir yang terjadi secara spasial di beberapa titik di wilayah kota Taliwang dan di beberapa kecamatan lainnya. “Kemarin air sudah sempat naik di kota Taliwang. Memang belum besar, tapi sudah memberikan dampak terhadap masyarakat,” cetusnya.

Dalam proses penanggulangan bencana, seluruh kepala SKPD agar mengambil peran secara aktif. Diakui bupati BPBD dalam hal ini merupakan dinas teknis pemerintah yang bertugas mengkoordinir kegiatan penanggulangan bencana. “Tapi bukan berarti dinas lain tidak punya tanggung jawab karena semua harus turun tangan. Ini soal kemanusiaan,” tandasnya.

Tidak hanya kepada kepala SKPD, bupati juga memerintahkan seluruh kepala desa dan lurah aktif memberikan setiap informasi di lapangan. Termasuk juga mengambil langkah-langkah strategis penanggulangan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Manfaatkan sumber daya yang ada, termasuk anggaran untuk penanggulangan. Jangan takut karena nanti salah. Ingat keselamatan dan keamanan jiwa masyarakat lebih utama,” sebutnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here