Bupati Imbau Warga Tak Lagi Buka Lahan untuk Jagung

Indah Dhamayanti Putri. (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, mengingatkan dan mengimbau warga agar tidak lagi membuka lahan baru dengan cara merusak atau membabat hutan untuk menanam jagung.

Imbauan itu disampaikannya dalam menyikapi musibah banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Bima terutama di Kecamatan Sanggar pada awal tahun 2021 ini. Kata dia, penyebab musibah banjir yang terjadi akibat hutan gundul.

Iklan

“Banjir yang terjadi, salahsatunya di wilayah Kecamatan Sanggar karena hutan gundul akibat pembukaan lahan baru untuk menanam palawija, terutama jagung,” katanya, Senin, 18 Januari 2021.

Oleh karena itu Bupati berharap kepada semua warga, agar kedepannya tidak lagi membuka lahan baru untuk penanaman jagung. Kalaupun ada oknum yang tidak mengindahkannya, Ia menegaskan tidak akan segan-segan memberikan tindakan tegas.

“Tidak ada lagi pembukaan lahan untuk penanaman jagung. Bagi oknum-oknum yang melakukan pembabatan hutan, harus diberikan tindakan tegas,” tegasnya.

Menurut Bupati yang akrab disapa Umi Dinda ini, karena dampak pembabatan hutan tidak hanya menyebabkan terjadinya musibah banjir. Namun juga mengancam hilangnya mata air, imbasnya akan dirasakan seluruh masyarakat. “Harus ada kesadaran bersama, banjir dan krisis air bersih, tidak akan terjadi jika kita menjaga kawasan hutan,” ujarnya.

Disamping itu, Bupati berharap musibah banjir tidak lagi terjadi kedepannya. Sembari mengimbau warga agar tetap siaga, mengingat ntensitas hujan masih tinggi hingga beberapa bulan ke depan. “Kita harapkan kedepan banjir tidak lagi terjadi. Tapi tetap waspada dan siaga selalu, karena puncak hujan akan terjadi bulan Februari dan Maret,” ujarnya.

Selain itu tambah dia, wilayah yang rawan terjadinya banjir akan dibuat aliran sungai yang dalam dan besar, sehingga air hujan yang turun dari gunung bisa langsung mengalir sampai ke laut. “Harus dibuatkan sungai besar dari hulu hingga hilir agar air tidak meluap masuk ke area pemukiman warga,” pungkasnya. (uki)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional