Bupati Dompu Terpilih Jadi Best Innovative Figures of The Year 2016

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin terpilih sebagai figur kepala daerah yang paling berinovatif tahun 2016 dari 7 Kementerian RI. Penghargaan ini tidak lepas dari kesuksesan program jagung dan tebu yang mengoptimalkan lahan kering dan marjinal selama 6 tahun kepemimpinannya di Dompu dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Penghargaan ini diberikan kepada 25 orang yang dinilai sukses di bidang bisnis maupun profesinya masing – masing seperti direktur perusahaan swasta, direktur BUMN dan BUMD hingga Bupati. Ke-25 tokoh ini diharapkan menjadi inspirasi bangsa dalam menyongsong masa depan lebih baik. Karena masing – masing tokoh akan dibuatkan buku yang akan mendorong generasi muda untuk lebih mendedikasikan pengabdian pada pekerjaan, profesi serta usahanya sehingga lebih ulet dan tangguh. Sehingga mampu menghadapi setiap permasalah, tantangan dan peluang yang ada.

Iklan

Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin foto bersama dengan unsur forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) usai terima penghargaan Best Innovative Figures of The Year 2016 di The Trans Resort Bali, Jumat, 18 November 2016 malam.

Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin foto bersama dengan unsur forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) usai terima penghargaan Best Innovative Figures of The Year 2016 di The Trans Resort Bali, Jumat, 18 November 2016 malam.

“Apa yang diperbuat (ke-25 tokoh) dapat diteladani generasi penerus. Baik keuletannya, kehandalannya serta ketangguhannya, sehingga pada gilirannya, masyarakat Indonesia menjadi lebih mampu bersaing di era globalisasi masa kini serta masa akan datang,” kata Ketua Panitia dari 7media, Nur Reza Hafizh, S.Kom, Jumat, 18 November 2016 malam di The Trans Resort Bali.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M Yasin dalam testimoninya usai menerima penghargaan, menggungkapkan, dirinya bisa mendapatkan penghargaan Best Innovative Figures of The Year 2016 setelah 6 tahun menjadi Bupati. Penghargaan ini tidak lepas dari programnya yang dinilai banyak orang cukup luar biasa. Karena saya bisa mengubah lahan – lahan kering dan marjinal menjadi ladang – ladang tebu dan jagung yang banyak.

  DPRD NTB Bandingkan Besaran Tunjangan Perumahan dengan Daerah Lain

“Memang tidak pernah orang bisa bayangkan, seperti daerah tandus seperti di wilayah timur Indonesia. Saat ini di tempat saya, sudah berdiri pabrik gula dengan kapasitas 8 ribu ton per hari. Kemudian setiap tahun, kami bisa panen jagung hibrida paling tidak 40 ribu hektar,” kata Bambang.

Apa yang dirinya dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu lakukan, kata H Bambang, semata – mata untuk membuat masyarakat Kabupaten Dompu mampu membayar. Di NTB saat ini, dengan jagung dan tebu, Dompu telah berubah menjadi daerah dengan pendapatan perkapita tertinggi.

“Ini yang menginspirasi kami, mudah-mudahan dengan penghargaan ini akan semakin memperkuat semangat dan dedikasih Pemkab Dompu untuk membuat masyarakatnya lebih sejahtera lagi,” katanya.

Penghargaan ini lanjut H Bambang, menjadi penghargaan keduanya di tahun 2016 setelah sebelumnya Jawa Post Group menganugerahi dirinya sebagai salah satu dari 10 Bupati dan walikota terbaik di Indonesia.

“Saya terus berpikir bahwa, kalau pun daerah – daerah di Indonesia tidak bisa menyumbang devisa untuk Negara, paling tidak kami sudah bisa membantu Indonesia menghemat devisa Negara dari import jagung dan gula. Paling tidak, itulah sumbangsih Dompu untuk Indonesia,” tutupnya.

Indonesia Minister Awards of Excellence 2016 ini merupakan penganugerahan bagi 25 tokoh nasional yang dinilai sukses di bidang bisnis maupun profesinya masing – masing. Penganugerahan ini merupakan kerjasama lintas Kementrian RI seperti Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Keminfo, Kementrian Pariwisata, Kementrian BUMN, Kementrian Perdagangan dan Kementrian Perindustrian.

Pada kesempatan penganugerahan ini, juga diperagakan kain khas daerah – daerah asal penerima penghargaan termasuk Dompu melalui kegiatan fashion show. Dua putra putri Dompu yang memperagakan busana muslimah dari kain khas Dompu dan pakaian laki – laki dari kain Dompu. Karena penganugerahan ini juga dihadiri oleh Mey Hasibuan selaku Diaspora Indonesia di Amerika yang selama ini melakukan pengenalan budaya serta pakaian khas daerah – daerah dalam negeri ke mancanegara. (ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here