Bunda PAUD Launching PAUD Holistik Integratif di Juru Mapin

Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Hj. Amien Rahmani, bersama anak anak PAUD

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa, yang juga sebagai Bunda PAUD, Hj. Amien Rahmani Husni Djibril, didampingi Kabid PAUD Dinas Dikbud Sumbawa, Drs. Umar, melaunching PAUD Holistic Integratif. Sekaligus Sosialisasi Program Inovasi Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa untuk pertama kalinya, di Halaman PAUD Doremi desa Juru Mapin Kecamatan Buer, Kamis, 6 Februari 2020.

Menurut Hj. Amien Rahmani, usia dini merupakan masa keemasan bagi seorang anak. Mengingat seluruh informasi dapat diserap dengan mudah dan cepat melalui seluruh panca inderanya. Terkait dengan hal tersebut, perlu diingat oleh kalangan pendidik, untuk berupaya meningkatkan kemampuan untuk memberikan rangsangan, yang akan berpengaruh pada optimalisasi potensi kecerdasan naturalis anak. Melalui berbagai aktivitas,  baik di dalam maupun di luar ruangan.

Iklan
Hj. Amien Rahmani didampingi Kabid PAUD Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Drs. Umar memotong pita menandai peluncuran PAUD holistik integratif

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena Bupati Sumbawa melalui Surat Edaran Nomor 421.9/177/dikbud/2019 tentang pengalokasian anggaran pelatihan dasar bagi tenaga pendidik PAUD serta insentif bagi tenaga pendidik dan pengelola PAUD dari dana desa dan juga dana kelurahan,”tegasnya.

Disebutkan Hj. Amien Rahmani, insentif yang harus dianggarkan untuk satu orang tenaga pendidik yaitu minimal Rp. 350.000 per bulannya. Sedangkan untuk pelatihan dasar, anggaran yang harus dialokasikan sebesar Rp. 2.000.000 per orang per tahun.

Pada kesempatan trsebut, Bunda PAUD juga menceritakan kisah kerja keras, program dan inovasi yang telah dijalankan. Sehingga sukses mendapatkan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional dan Himpaudi Award Tahun 2019. Selaku Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa bersama 22 Bunda PAUD Kabupaten/Kota lainnya se-Indonesia, berhasil meraih Pin Emas pada Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional di Jakarta. Pin emas tersebut diberikan kepada Bunda PAUD yang dinilai berprestasi, berkontribusi dan sukses dalam melaksanakan tugasnya menjadi Bunda PAUD di daerahnya.

Selain itu, Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa kembali menerima Award dari HIMPAUDI Pusat. Atas kiprah dalam memperhatikan dan memperjuangkan PAUD di Kabupaten Sumbawa, bersama HIMPAUDI Kabupaten Sumbawa. Kabupaten Sumbawa bersama Kabupaten Mamuju, telah ditetapkan oleh Bank Dunia sebagai Role Model Pengembangan PAUD di Indonesia.

Diakhir sambutan, Hj. Amien Rahmani mengapresiasi Tim Penggerak PKK Kecamatan Buer atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Inovasi Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa dan Launching PAUD HI di Desa Juru Mapin kecamatan Buer. “Saya meyakini, kegiatan Sosialisasi Inovasi Bunda PAUD dan PAUD Holistik Integratif yang kita launching hari ini, akan menjadi awal yang baik untuk kemajuan di bidang pendidikan anak usia dini khususnya di kecamatan Buer”, tutupnya. (arn/*)