Bulog: Stok Beras di NTB Aman hingga Lima Bulan

Mataram (suarantb.com) – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) NTB memastikan ketahanan stok beras di NTB aman hingga lima  bulan ke depan.  Stok beras saat ini sebanyak 36.729 ton.

“Stok beras di NTB saat ini 36.729 ton, dengan ketahanan stok selama lima  bulan ke depan, untuk kebutuhan raskin/rasta , CBP dan Golongan anggaran,” ujar Kepala Divre Bulog NTB, Achmad Ma’mun, Selasa, 18 April 2017.

Iklan

Selanjutnya, pagu rastra untuk tahun ini kata Ma’mun sebanyak 6.620 ton untuk 444.369 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) di wilayah 9 Kabupaten/Kota di NTB.

“Sedangkan untuk Kota Mataram sendiri sudah menggunakan program BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai),” katanya.

Saat ini, rastra telah mulai disalurkan di beberapa kabupaten seperti Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, dan Kabupaten Sumbawa.

Ma’mun berharap, dengan mulai disalurkannya rastra di beberapa kabupaten tersebut, dapat menekan terjadinya lonjakan harga beras di pasaran, terutama dalam periode menjelang Ramadhan.

Adapun pengadaan atau penyerapan panen Bulog NTB sampai dengan saat ini disebutkan sebanyak 20.265 ton, atau  setara dengan 12 persen dari target pengadaan tahun 2017 sebesar 184.475 ton.

Lebih lanjut, dijelaskan Ma’mun bahwa saat ini, Bulog NTB menempati  posisi 6 besar secara jumlah pengadaan maupun secara persentase. “Pengadaan dengan tanggal yang sama pada tahun ini lebih tinggi dari pengadaan pada tanggal yang sama dengan tahun lalu, pengadaan pada posisi dan tanggal yang sama tahun lalu mencapai 14.838 ton,” pungkasnya. (hvy)