Bulog Penuhi Cadangan Beras Pemerintah untuk Korban Banjir di Bima

Sawaludin Susanto. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Perum Bulog Cabang Bima, mulai menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk korban banjir bandang di tujuh kecamatan. Bantuan sebesar 33 ton itu, dipenuhi berdasarkan permintaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bima.

Pimpinan Perum Bulog Cabang Bima, Sawaludin Susanto, SH., kepada Suara NTB di kantornya, Rabu, 7 April 2021 menyampaikan, untuk memenuhi kebutuhan logistik korban terdampak bencana alam, daerah memiliki jatah beras 100 ton per tahun.

Iklan

Kabupaten Bima, sampai dengan Februari kemarin telah menghabiskan jatah sekitar 20an ton. “Berkaitan dengan banjir bandang ini pemda meminta kita menyalurkan sejumlah 33 ton,” ungkapnya.

Bantuan tanggap darurat untuk korban banjir bandang di tujuh kecamatan, sudah disalurkan ke posko tanggap darurat milik pemerintah. Karenanya, bagi warga atau pemerintah desa yang membutuhkan, diingatkan tidak mengajukan permohonan bantuan ke Bulog, tetapi langsung menghadap instansi teknis terkait dalam hal ini Dinas Sosial (Dinso).

CBP untuk penaggulangan dampak bencana alam, lanjut dia, pembayarannya bukan melalui APBD. Akan tetapi langsung menjadi urusan pihaknya bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. “Stok masih ada. Sekarang kita tersisa 7.000 ton. Ini aman untuk 10 bulan kedepan,” jelasnya.

Banjir bandang pada Jumat 2 April 2021. Disadari Sawaludin Susanto, tidak saja berdampak terhadap pemukiman warga di tujuh kecamatan. Ribuan hentar area pertanian juga ikut terendam.

Kondisi ini jelas mempengaruhi kualitas dan nilai pembelian pengusaha gudang, termasuk Bulog. Untuk memberi keringanan dirasa sulit, karena pihaknya memiliki acuan pembelian dalam penyerapan gabah petani.

Kendati pada sisi tersebut sulit diupayakan, namun jajarannya tetap berusaha meringankan beban para korban, salah satunya dengan menyalurkan bantuan logistik yang sumber anggarannya langsung dari serikat karyawan Bulog. “Jadi kita ndak perlu ada anggaran atau tidak. Kalau ada bencana pasti kita patungan membantu. Insya Allah hari ini, kita salurkan 100 paket bantuan ke wilayah Madapangga,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional