Bulog KSB Diminta Jemput Bola

Taliwang (Suara NTB) – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Fud Syaifuddin, ST meminta kepada pihak Perum Bulog melakukan jemput bola untuk membantu petani dalam kegiatan pemasaran hasil produksi pertanian.

Persoalan klasik yang dihadapi petani setiap musim panen tiba yakni memperoleh harga yang kompetitif, dan salah satu lembaga pemerintah yang diharapkan dapat mengatasinya adalah Perum Bulog yang memang dihajatkan dapat menampung hasil panen petani. “Bulog kan sudah ada di sini. Jadi saya minta Bulog jemput bola untuk membantu petani untuk menyerap produksi mereka ketika panen tiba,” timpalnya.

Iklan

Di lapangan kata Wabup, petani tidak dapat mempertahankan hasil panennya. Sebab minimnya fasilitas pascapanen membuat petani harus bertransaksi dengan para tengkulak. “Petani kita tidak punya banyak fasilitas lantai jemur atau gudang. Maka solusinya mereka terpaksa menjual langsung dan pilihannya hanya kepada tengkulak yang kerap memainkan harga,” cetusnya seraya menambahkan, untuk mengatasi hal tersebut Bulog-lah yang diharapkan mampu meretas dominasi para tengkulak.

“Saya minta kepada kepala dinas teknis koordinasikan dengan Bulog hal ini. Turun tangan setiap musim tanam tiba dan jemput bola sistemnya. Karena kasihan petani kalau misalnya harus membawa ke sana (gudang Bulog). Kan  jaraknya jauh dan itu pasti butuh biaya lagi,” tandas Wabup. (bug)