Bulog Bima Kirim 5.000 Ton Beras ke NTT

Sawaludin Susanto.(Suara NTB/Ist)

Bima (Suara NTB) – Perum Bulog Bima sudah memasok ribuan ton beras ke sejumlah daerah di Provinsi NTT. Tercatat hingga saat ini ada sebanyak 5.000 ton beras yang sudah dikirim.

Kepala Perum Bulog Cabang Bima, Sawaludin Susanto mengaku pihaknya mengirim beras ke sejumlah daerah di Provinsi NTT seperti Maumere, Flores dan Manggarai karena di daerah itu kekurangan stok beras.

“Pengiriman beras untuk mencukupi kebutuhan masyarakat NTT yang masih kekurangan persediaan beras. Sejauh ini ada 5.000 ton yang sudah dikirim,” katanya kepada Suara NTB, Jumat, 9 Oktober 2020.

Selain mencukupi kebutuhan warga NTT, pengiriman beras tersebut lantaran stok beras di gudang tercukupi. Stoknya bahkan dijamin bisa mememuhi kebutuhan masyarakat tiga wilayah yakni, Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima. “Stok beras kita di gudang tercukupi dan aman, makanya sebagian kita kirim ke NTT,” katanya.

Sawaludin menyebutkan persediaan beras di gudang hingga saat ini mencapai 10.000 ton. Dan jumlah tersebut kata dia, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Bima dan Dompu sampai dengan tahun 2021 mendatang. “Ada sekitar 10.000 ton. Jumlah ini cukup memenuhi kebutuhan warga Dompu dan Bima sampai dengan tahun 2021,” katanya.

Terlepas dari itu Ia mengaku saat ini pihaknya juga akan membangun pabrik jagung di Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dengan besaran anggaran Rp82 milliar yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN). “Tahun ini juga kita akan bangun pabrik jagung di Dompu. Insya Allah bulan ini kami sudah serah terima lahan dengan kontraktor pelaksana,” ujarnya.

Sawaludin menambahkan pembangunan pabrik jagung tersebut untuk mengantisipasi panen jagung di wilayah Bima dan Dompu. Termasuk memenuhi kebutuhan jagung nasional. “Untuk stabilkan harga jagung ketika panen nanti,” pungkasnya. (uki)