Bulan Ini, Ribuan CPNS di NTB Terima SK Pengangkatan

Muhammad Nasir (Suara NTB/nas)

Pemprov NTB melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memastikan SK pengangkatan ribuan CPNS hasil rekrutmen tahun 2019 akan keluar Desember ini. Pasalnya, terhitung mulai 2 Januari 2021, sebanyak 3.000 lebih CPNS tersebut sudah mulai bekerja.

‘’SK-nya akan terbit bulan Desember. Cuma mulai melaksanakan tugas, awal Januari,’’ ujar Kepala BKD NTB, Drs. Muhammad Nasir dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Senin, 7 Desember 2020.

Iklan

Nasir menyebutkan, CPNS yang akan mendapatkan SK pengangkatan untuk Pemprov NTB sebanyak 373 orang. Semula, ada 375 CPNS yang dinyatakan lulus seleksi, namun ada formasi yang kembali lowong karena pesertanya mengundurkan diri.

Nasir mengatakan bahwa memang untuk NTB, informasi yang didapatkan baru CPNS KSB yang sudah keluar Nomor Induk Pegawai (NIP). Sementara, Pemprov NTB dan Pemda kabupaten/kota lainnya masih sedang berproses.

Untuk mempercepat penerbitan NIP tersebut, Nasir mengatakan pihaknya sudah mengutus pejabat BKD NTB ke BKN Kantor Regional IX Denpasar untuk menyelesaikan NIP-nya. ‘’Begitu ada keluar persetujuan teknis (Pertek), tinggal dibuatkan SK pengangkatan. Kalau di provinsi hanya 373 orang. SK pengangkatan itu sehari selesai. Petikannya nanti pak Sekda. TMT (Tanggal Mulai Tugas) mereka Desember, mulai bekerja Januari,’’ terangnya.

Berdasarkan data BKD NTB, jumlah peserta atau pelamar yang lulus menjadi CPNS 2019 di NTB sebanyak 3.055 orang. Sedangkan 149 formasi CPNS 2019  tidak terisi di Pemprov NTB dan 10 Pemda Kabupaten/Kota. Terdiri dari formasi tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Dengan rincian, pelamar CPNS yang lulus di Pemprov NTB sebanyak 375. Namun, tiga orang mengundurkan diri semuanya merupakan formasi dokter. Dari tiga CPNS yang mengundurkan diri, hanya satu formasi yang bisa diisi peserta dengan nilai tertinggi kedua. Sehingga, formasi CPNS yang terisi di Pemprov NTB sebanyak 373 formasi.

Kemudian, Kota Mataram pelamar yang lulus sebanyak 272 orang, Lombok Barat, pelamar yang lulus sebanyak 201 orang,  Lombok Tengah, sebanyak 468 pelamar yang lulus. Selanjutnya, Lombok Timur, sebanyak 470 pelamar yang lulus, Lombok Utara, sebanyak 225 pelamar yang lulus.

Kemdian, Sumbawa Barat sebanyak 101 pelamar lulus, Sumbawa, sebanyak 310 pelamar yang lulus, Dompu, sebanyak 234 orang, Bima sebanyak 229 orang dan Kota Bima, sebanyak 170 orang.

Jumlah peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS  di seluruh NTB sebanyak 6.983 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.923 peserta yang hadir SKB, sedangkan 60 orang tidak hadir. Sementara, jumlah formasi CPNS 2019 di NTB sebanyak 3.204 formasi.

Khusus untuk 373 CPNS Pemprov NTB, mereka diwajibkan untuk mengumpulkan tanaman buah dalam pot masing-masing sebanyak dua pohon. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan NTB Hijau.

Bibit pohon yang dikumpulkan ratusan CPNS tersebut, selanjutnya akan dibagikan ke masyarakat. Karena sebagaimana diketahui, banyak lahan kritis di NTB. Sehingga, Pemprov mulai menggalakkan penghijauan mulai dari perkantoran dan pekarangan.

Kewajiban ini juga berlaku bagi ASN yang akan naik pangkat. “Selain itu , tujuannya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Karena masyarakat yang menjual bibit pohon akan bergerak ekonominya, karena ada yang beli,” tandasnya. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional