Bulan Ini, Proses Lelang Proyek di Lotim Ditargetkan Tuntas

Rozikin. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menargetkan proses lelang proyek tuntas dilakukan pada bulan Maret ini di 12 OPD yang ada. Sementara sampai saat ini, untuk proses tender baru Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lotim yang sudah menyelesaikan proses tender.

Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Lotim, M. Rozikin, ST, MT, Jumat, 5 Maret 2021, mengatakan proses tender akan dilakukan secara cepat ketika OPD menyelesaikan seluruh perencanaan dan administrasinya, sehingga tender ditarget tuntas bulan Maret ini.

Iklan

Langkah ini sebagaimana harapan orang nomor satu di Lotim agar penyerapan anggaran melalui proses tender dapat dilakukan lebih awal. “Proses tender sedang berjalan terutama kegiatan yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK),”ungkapnya.

 Rozikin mengungkapkan, Kabupaten Lotim menjadi daerah pertama kali di NTB bahkan di Indonesia yang sudah melakukan tender kegiatan proyek di tahun 2021. Pasalnya, salah satu OPD yaitu Dinas PUPR Lotim yang sudah menyelesaikan seluruh proses lelang bahkan sudah menandatangani kontrak.

Tuntasnya proses lelang pada Dinas PUPR dikarenakan sudah ada perencanaan sedari awal dibanding dinas lainnya. Sementara untuk dinas non teknis dilakukan jemput bola untuk mencapai proses lelang sebagaimana yang diharapkan.

Langkah Dinas PUPR Lotim dalam hal ini bidang pengairan dalam mempercepat proses lelang, kata Rozikin patut ditiru oleh OPD-OPD yang ada di Kabupaten Lotim. Sehingga tidak ada lagi ditemukan pemotongan anggaran dikarenakan sudah melakukan tanda tangan kontrak.

Disebutkannya, terdapat beberapa OPD yang nilai proyeknya cukup besar dan banyak. Yaitu Dinas Dikbud, Dikes serta beberapa OPD lainnya. Diharapkan supaya OPD itu mempercepat proses pelelangan dengan menyajikan data yang lengkap. ‘’Saat ini OPD yang nilai proyek berskala besar itu masih sedang review perencanaan,”ungkapnya. (yon)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional