Buku Catatan Aset Hilang, Pemkab Lobar Ancam Laporkan Oknum Mantan Pejabat

Lahan aset daerah di Kuripan yang diduga sewa kontraknya masuk ke kantong pribadi oknum.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Buku kuning aset Lombok Barat (Lobar) hilang. Buku  yang berisi catatan semua aset daerah itu diduga dikuasai oleh oknum mantan pejabat Lobar. Pemkab Lobar melalui Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) pun bakal mengambil langkah hukum melaporkan hal ini ke APH. Selain itu, sewa kontrak aset yang masuk ke kantong pribadi juga akan dibawa ke ranah hukum.

”Kami sudah pegang bukti oknum yang pegang (menguasai) dokumen itu (buku kuning). Kami akan laporkan sekalian,” tegas Fauzan, Rabu, 1 Juli 2020.

Iklan

Terkait hal ini, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Polres Lobar. Pihaknya konsultasi, apakah cukup dengan bukti yang dimiliki saat ini. Saat ini menyiapkan laporan tersebut.

Pihaknya sudah mengambil alih aset lahan seluas 9,3 hektar lebih di wilayah Kuripan.  Aset ini sebelumnya disewakan, namun tidak pernah masuk ke pemda. Satu sen pun sewa kontrak lahan ini tidak masuk ke kas daerah.

Ia sendiri tidak tahu siapa yang bermain di balik masalah ini. Namun setelah diambih pemda, bulan Juli (setelah panen) sewa kontrak akan masuk resmi ke daerah menjadi PAD dengan total ratusan juta. Yang menjadi pertanyaannya, kenapa sewa kontrak lahan masuk ke kantong pribadi oknum dibiarkan. Terkait informasi sewa kontrak disetor ke oknum di pemda, pihaknya mengaku bahwa yang jelas bukan ke pihak aset saat ini.  Pihaknya sudah mengecek satu per satu stafnya, tidak ada yang menerima bayaran dari aset di Kuripan tersebut.

Kasatreskrim Polres Lobar, AKP Dhafid Shiddiq pihaknya menunggu laporan terkait masalah aset daerah tersebut. Pihaknya memastikan sepanjang ada laporan soal aset yang saat ini “ramai” diperbincangkan, pihaknya akan menindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku. “Kalau ada laporan kami terima, kita lihat nanti. Syukur-syukur ada bukti pendukung yang kuat agar gampang diusut,” tegas dia.  (her)

  Inspektorat Turun Audit Aset Pemkot

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here