Bukopin Luncurkan Layanan b-tunai

Mataram (suarantb.com) – Sebagai bentuk dukungan layanan Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hari ini, Kamis, 20 Oktober 2016 secara resmi Bank Bukopin meluncurkan layanan b-tunai. Layanan ini ditujukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan jasa keuangan.

“Kita buka layanan b-tunai ini menjalankan program Laku Pandai dari OJK. B-tunai adalah bentuk layanan Laku Pandai yang disediakan oleh Bank Bukopin,” jelas General Manager Pengembangan Bisnis PT Bank Bukopin Tbk, Rivan A. Purwantono.

Iklan

B-tunai merupakan layanan hasil upgrade dari (Payment Point Online Bank) PPOB atau Loket Pembayaran Online. Dimana nasabah tidak hanya bisa melakukan pembayaran online, namun bisa membuka rekening, transfer tunai hingga mengajukan aplikasi kredit mikro. Kesemuanya itu bisa dilakukan tanpa harus ke bank. Cukup dengan hanya mendatangi loket b-tunai Bank Bukopin terdekat.

Layanan b-tunai memang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat. Bahwa transaksi keuangan itu tidak harus ke bank. Keberadaan b-tunai yang diutamakan di titik-titik yang jauh dari cabang Bukopin, memang ditujukan untuk memudahkan akses masyarakat. Sehingga edukasi tentang manfaat jasa keuangan kepada masyarakat lebih mudah.

“Hal ini adalah bagian dari upaya kita untuk mengedukasi masyarakat. Saat ini tercatat 222 loket b-tunai di seluruh Indonesia sejak Mei 2016. Target kita membuka 400 loket hingga Desember 2016. Dan 2017 akan jadi 1000. Sedangkan loket PPOB di seluruh Indonesia sekarang mencapai 20.000,” ujar Rivan.

Memang tidak semua loket PPOB dijadikan loket b-tunai. Loket yang melayani transaksi paling banyak lah yang dipilih Bukopin untuk memiliki layanan b-tunai. Salah seorang Collecting Agent (CA) Bukopin di NTB, Lalu Wira Surya Atmaja pemilik CV Fortuna Cellular menyebutkan saat ini jumlah loket b-tunai di NTB baru delapan.

“Target kita bulan ini memang delapan. Sampai akhir tahun targetkan 20 loket. Tapi pasti bisa lebih lah, kita pilih loket PPOB yang transaksinya paling banyak,” jelas Wira.

Dari sekitar 700 loket PPOB yang tersebar di NTB, Wira menyebutkan wilayah Mataram, Loteng dan KLU yang akan banyak memiliki loket b-tunai.
“Tiga daerah itu yang paling banyak transaksi. Kan yang sering bayar air, listrik itu di tiga daerah itu,” ujarnya.

Foto Bersama

Dua layanan baru yang bisa dinikmati nasabah maupun calon nasabah Bukopin melalui layanan b-tunai adalah Tabungan Bukopin Rakyat dan Bukopin Kiriman Uang (Buku). Syarat membuka Tabungan Bukopin Rakyat sangat mudah, hanya dengan menyerahkan fotokopi KTP. Dan nomor ponsel calon nasabah akan dijadikan sebagai nomor rekeningnya. Dengan kemudahan transaksi hanya melalui SMS.

Keuntungan dari Tabungan Rakyat Bukopin ini adalah bebas minimum setoran, bebas biaya administrasi bulanan, tidak ada saldo minimum sekaligus mendapatkan asuransi kecelakaan.

Kelebihan layanan Buku Bukopin memberikan kemudahan transfer secara online tanpa rekening. Anda hanya perlu mendatangi loket PPOB berlogo Buku, mengisi formulir dan menunjukkan KTP. Jika transaksi berhasil Anda akan mendapat notifikasi lewat SMS. Begitu pula dengan penerima, setelah mendapat notifikasi lewat SMS bisa segera mengambil uang di loket Buku. Dengan mengisi formulir dan menunjukkan KTP serta SMS notifikasi.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB, Yusri yang turut hadir dalam acara Peluncuran Layanan b-tunai sangat mendukung program Bukopin ini. Yusri bahkan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini.

“Manfaatkanlah loket-loket yang ada, karena mereka itu nasabah yang sudah dipercaya oleh bank. Tidak ada resikonya, kalau pun terjadi resiko bank yang tanggung. Nasabah tidak akan rugi apapun,” imbuhnya.

Keberadaan loket b-tunai ini akan sangat membantu masyarakat. Karena loket tersebut dijamin beroperasi lebih lama dari bank.

wira

Lalu Wira Surya Atmaja
Bagi masyarakat umum, pemilik supermarket, counter, travel agen, yang ingin membuka loket PPOB, silahkan langsung datang ke CV. Fortuna Cell Majeluk sebagai perwakilan collecting agen Bukopin area NTB.

“Loket kami di Fortuna Cellular ini buka sampai jam sembilan malam kok,” tambah Wira.

Selain melayani layanan b-tunai, Wira juga menyebutkan Fortuna Cellular menerima pendaftaran untuk menjadi agen PPOB. “Syaratnya gampang saja, cukup punya laptop atau komputer dan internet. Tidak perlu sampai daftar ke Surabaya. Toh feenya juga sama,” pungkasnya. (*)