Pusat Kuliner akan Dibangun di Saliper Ate

Rosmin Junaidi (kiri), M.Irfan (kanan). (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pantai Wisata Saliper Ate yang letaknya strategis dalam kota Sumbawa, akan lebih dihidupkan lagi. Melalui penataan pantai dengan segala fasilitasnya pada tahun ini. Perbaikan fasilitas ini dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pariwisata senilai Rp4 miliar.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Sumbawa, M. Irfan S.P, M.M, anggaran dari Dak Pariwisata ini untuk penataan tampilan wajah Saliper Ate yang lebih baik lagi. Dengan sejumlah item pekerjaan, diantaranya, pembuatan talud untuk meminimalisir air pasang. Kemudian pembangunan jalan tapak sepanjang pantai Saliper, pusat kuliner, pusat diving dengan segala peralatannya.

Baca juga:  Ayam Taliwang, Rarang dan Sate Rembiga akan Dikalengkan

Tentu dengan adanya tambahan fasilitas dimaksud, sambung Epun, panggilan akrab Sekdis baru Dispopar ini, akan membuat pantai tersebut menjadi lebih hidup. Tak hanya dari sisi tampilan yang lebih indah, tetapi juga akan menumbuhkan aktivitas ekonomi baru di wilayah pesisir pantai. “Inilah tujuan kita menata Saliper Ate yang kebetulannya lokasinya strategis di pinggiran kota,” terangnya.

Baca juga:  PKL di Pantai Ampenan Menolak Direlokasi

Kepala Dispopar, Rosmin Junaidi S.Pt, M.Si, juga mengungkapkan komitmen pemrintah dari awal untuk menjadikan Saliper Ate sebagai sentra wisata bahari kota dan sentra kuliner. Apalagi mengingat lokasinya sekitar kota dan dekat dengan destinasi wisata lainnya, termasuk kemudahan akses ke Pulau Moyo.

Setelah semua fasilitas terbangun, maka banyak kegiatan yang bisa dipusatkan di Saliper Ate. Apalagi nantinya ada jalan tapak yang menyambung antara pantai Jempol, Saliper dan Tanjung Pengamas. Yang bisa digunakan masyarakat untuk jalan sehat dan berbagai kegiatan olahraga lainnya. Bahkan Car Free Day, bisa mengambil lokasi di sepanjang pantai dimaksud.

Baca juga:  Pakar Kuliner, William Wongso Sebut Terasi Lombok Terasi Paling Enak

“Kalau pariwisata hidup, maka UMKM di sekitarnya juga akan bergerak. Jadi aktivitas ekonomi juga semakin tumbuh di wilayah Saliper,”pungkas Edot, panggilan akrab pejabat baru Dispopar ini. (arn)