Meriah, Perayaan HUT Ke-70 RRT

Suasana perayaan HUT ke 70 RRT berlangsung meriah. (Suara NTB/ist)

Denpasar (Suara NTB) – Perayaan HUT ke 70 Republik Rakyat Tiongkok (RRT) berlangsung meriah di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Rabu, 25 September 2019 malam. Acara itu dimeriahkan tarian naga, musik, wushu, dan pragmentari yang yang dirancang oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng tentang kisah indah Tiongkok dan Bali. Yakni kisah cinta Raja Jaya Pangus  dengan putri China, Kang Cie Wie.

Hadir  pada saat itu  Gubernur Bali, Wayan Koster, Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah, SE.M.Sc,  Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, pejabat tinggi TNI dan Kepolisian, Konjen RRT di Denpasar, Gou Haodong beserta nyonya dan undangan lainnya.

Gubernur NTB,  Dr.Zul  dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi yang  tinggi  kepada Konjen Tiongkok  yang disebut sebagai sahabat baiknya dan  juga Pemerintahan China. Hubungan kerjasama khususnya Pemprov NTB dengan Pemerintah Tiongkok sudah berjalans angat bagus.  Bentuk kerjasama yang sudah terjalin, diantaranya  disiapkannya  1000 beasiswa bagi warga NTB untuk melanjutkan studinya ke China.

Dengan sudah terjalinnya hubungan yang baik ini,  Dr.Zul  berharap bisa berdampak pula pada sektor pariwisata.  NTB merupakan salah satu destinasi wisata potensial dengan segudang keindahan yang dimilikinya. Dengan potensi yang dimilikinya itu, gubernur berharap kunjungan wisatawan Tiongkok ke NTB akan terus meningkat.

Sementara Gubernur Bali, Wayan Koster dalam sambutannya menyampaikan Tiongkok dengan penduduk besar mengalami kemajuan amat pesat. Kemajuan yang dicapai tersebut ketika digulirkannya era keterbukaan. Dari negara tertutup menjadi negara terbuka. Perubahan ini sempat menjadi polemik, tetapi dimunculkan jargon baru bahwa tidak membedakan “kucing hitam dengan kucing putih”, tetapi yang penting bisa menangkap  tikus.

Ini membawa perubahan besar bagi negara berpenduduk 4,1 miliar ini. Dalam konteks pembangunan Indonesia atauB ali, kemajuan pesat yang dicapai Tiongkok bisa dijadikan referensi. (balipost)