Ngabuburit Sambil Olahraga Panahan di IC

Mataram (Suara NTB) – Ngabuburit merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh warga Kota Mataram. Biasanya ngabuburit dilakukan dengan berburu menu takjil. Namun ada pemandangan berbeda di Kompleks Islamic Center menjelang waktu berbuka puasa. Banyak warga yang menghabiskan waktu dengan melakukan olahraga panahan.

“Memanah itu bukan soal mencapai sasaran, tetapi lebih mengendalikan pikiran supaya fokus dan mencapai target,” kata Pelatih Club Panahan Mataram, Salehudin.

Ia mengatakan bahwa kegiatan olahraga memanah ini dalam rangka memeriahkan event Pesona Khazanah Ramadan (PKR) 2018 yang digelar Dinas Pariwisata NTB.  Tahun lalu juga terdapat stan panahan bagi pada acara serupa. Harapannya, warga Kota Mataram bisa lebih familiar dengan olahraga ini.

Baca juga:  Ramadhan Ajarkan Empati Sosial, Gubernur Santunani 1.015 Pasukan Kuning

“Alhamdulilah, kegiatan latihan memanah di Islamic Center ini sudah dilakukan untuk yang kedua kalianya pada saat bulan Ramadhan,”  ujarnya.

Salehudin menambahkan, memanah ini merupakan olahraga yang istimewa untuk umat Muslim. Pasalnya, selain menyehatkan badan, juga menjalankan sunnah Rasul, olahraga panahan ini untuk melatih konsentrasi, ketenangan, jiwa pemberani dan mental pemenang. Sehingga sangat disarankan untuk dilakukan.

“Olahraga panahan ini tidak sembarangan dilakukan karena ada aturan tertentu agar saat memanah berlangsung aman. Sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Areanya juga harus benar-benar aman,” ujarnya.

Seorang warga Nur Ikhsan asal Kota Mataram saat berkunjung ke IC sempat mencoba olahraga panahan ini. Menurutnya, olahraga ini sangat menyenangkan, namun sulit dilakukan. Untuk dapat mengenai sasaran, harus dilakukan dengan konsentrasi penuh.

Baca juga:  Toko Atribut Lebaran Diserbu Pengunjung

“Ini pertama kalinya saya mencoba panahan. Ternyata asyik dan menyenangkan tapi sulit dilakukan. Karena harus konsentrasi penuh,”  ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Hairudin, 32 tahun asal Kediri, Lombok Barat. Menurutnya, selain membutuhkan konsentrasi yang tinggi, memanah juga membutuhkan ketenangan diri. Sehingga bisa mengenai sasaran yang tepat. “Tangan memegang busur, mata fokus ke sasaran, pikiran harus konsentrasi, tenangkan diri, Insya Allah anak panah akan tepat sasaran,” ujarnya. (lin)