Melihat Keindahan TWA Gunung Tunak

Praya (Suara NTB) – Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. TWA ini memiliki banyak koleksi yang dapat dinikmati keindahannya. Selain itu, pemandangan dari TWA ini juga tidak kalah menarik dari destinasi wisata lainnya.

TWA Gunung Tunak ini memiliki letak yang cukup strategis, karena berada tidak jauh dari kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Sehingga, wisatawan dapat berkunjung ke TWA ini sekaligus saat ingin berkunjung ke Mandalika.

“Wisatawan harus ke sini. Biar tahu kalau di Lombok bukan hanya pantainya saja yang bagus,” kata wisatawan asal Kota Mataram, Ririn, Kamis, 3 Mei 2018.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB sedang mengembangkan TWA Gunung Tunak sebagai tempat wisata edukatif di Pulau Lombok. Dengan beragam flora dan fauna langka menjadi pemandangan menarik dengan latar belakang gugusan bukit yang hijau dan pantai yang indah.

“Bisa lihat pantai juga dari atas. Bagus, cocok buat foto-foto,” ujarnya.

Selain menikmati nuansa alam, pengunjung juga bisa bermalam di sini. Terdapat 10 kamar guest house yang disiapkan. Lengkap dengan musala, restoran, toko oleh-oleh, dan ruang pertemuan. Sehingga wisatawan dapat menikmati waktu berliburnya dengan nyaman.

TWA Gunung Tunak menyajikan sisi lain pantai selatan Lombok.  Pemandangan pantai, dinding kapur yang kokoh, hamparan rumput, dan hutan dataran rendah. Ini panorama yang lengkap di Lombok Selatan. Di beberapa sudut di pesisir Gunung Tunak, salah satunya hamparan terumbu karang memikat bagi para penyelam.

“Bisa dibilang ini wisata komplet di Lombok Tengah. Bisa lihat pemandangan bukit dan Pantai sekaligus,” ujarnya.

Padang rumput terhampar memanjakan mata setiap pengunjung TWA ini. Rumput itu membentang antara 200 – 300 meter dari tepi tebing. Ini menjadi pemandangan yang indah sekaligus menjadi spot foto menarik bagi wisatawan.

Taman wisata alam ini berada di tanah seluas 1.200 hektare dan berupa tanjung berbukit-bukit yang menjorok ke Samudra Hindia. Dataran Gunung Tunak dibatasi Teluk Bumbang di barat-utara dan Teluk Awang di timur. Deretan bukit dibentuk oleh Bukit Bungkulan, Bukit Kelor, Bukit Takar Akar, Pejanggik dan Batujangak. (lin)