Fasilitas di Pantai Lawar Perlu Dilengkapi

Mataram (Suara NTB) – Kabupaten Sumbawa Barat merupakan salah satu daerah yang aktif mempromosikan destinasi wisatanya. Salah satunya Pantai Lawar yang ada di Desa Sekongkang Kecamatan Taliwang. Pantai yang indah ini menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. sayangnya, fasilitas pendukung di pantai ini masih minim, sehingga perlu dilengkapi.

“Pantainya bagus, tapi fasilitasnya yang kurang. Semoga kedepannya semakin banyak fasilitas yang dibangun oleh Pemda,” kata warga Sekongkang, Boden, Kamis, 19 April 2018.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat memancing. Banyak jenis ikan di pinggir-pinggir pantai, misalnya ikan kerapu, mengali, tenggiri dan lainnya. Wisatawan juga bisa menghabiskan waktunya dengan mandi di pinggir pantai.

Baca juga:  Tetapkan 99 Desa, Tahun Ini Pemprov Awali dengan 20 Desa Wisata

Dari Sekongkang ke Pantai Lawar bisa ditempuh mengunakan kendaraan pribadi atau ojek. Dari Desa Sekongkang, melewati kebun penduduk dan semak belukar. Pantai ini berpasir halus, sepi dan diapit oleh dua buah tebing yang lumayan tinggi. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya untuk menikmati kesunyian suasana pantai yang hanya ditemani debur ombak laut Hindia. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan jauh dari keramaian warga.

“Hanya warga yang mencari ikan saja yang datang kalau hari biasa. Kalau akhir pekan biasanya ada wisatawan yang datang,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya Pemkab Sumbawa Barat dapat melengkapi fasilitas pendukung di pantai ini. Sehingga wisatawan yang datang benar-benar bisa merasa nyaman. Wisatawan juga bisa menghabiskan waktunya lebih lama untuk menikmati keindahan Pantai Lawar.

Baca juga:  Industrialisasi Pariwisata, NTB akan Tiru Turki

“Yang paling penting tetap jaga kebersihan. Karena warga sendiri sangat menjaga kebersihan di pantai ini. Kalau ada sampah, dibawa pulang saja. Karena belum ada petugas kebersihannya,” ujarnya.

Pemda KSB sebelumnya telah menyatakan diri sebagai salah satu daerah yang fokus pada pengembangan destinasi wisata. Tidak hanya Kenawa, tapi Mantar juga saat ini sedang gencar dipromosikan. Selain itu, beberapa pantai di Kawasan Sekongkang juga turut dipromosikan. Karena di Sekongkang memiliki ombak yang kabarnya sangat bagus bagi peselencar. (lin)