Batu Payung, Pantai Tanpa Pasir di Lombok Tengah

Praya (Suara NTB) – Pantai Batu Payung di Lombok Tengah pernah menjadi destinasi wisata utama pada tahun 2010an. Namun kini, dengan adanya destinasi-destinasi wisata baru di Lombok Tengah, pantai ini tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Bukan karena tidak indah, namun karena semakin banyak pilihan destinasi lain.

Ada dua cara untuk bisa sampai di Batu Payung. Pertama dengan menaiki bukit dengan jarak tempuh hingga satu kilometer. Kedua dengan menggunakan perahu dan membayar Rp 300 ribu dari Pantai Tanjung Aan. Umumnya, wisatawan akan memilih untuk menggunakan perahu. Karena selain efisien waktu, juga lebih nyaman.

“Saya ke Batu Payung pakai perahu. Pemandangannya bagus, di batu payungnya juga bagus. Batunya besar sekali dan bagus jadi spot foto,” kata wisatawan asal Surabaya Beni Prayogi, Senin, 16 April 2018.

Baca juga:  Tetapkan 99 Desa, Tahun Ini Pemprov Awali dengan 20 Desa Wisata

Di pantai ini, wisatawan akan melihat sebuah batu besar yang berdiri tegak dan bagian bawahnya mengecil karena kikisan air laut. Hal inilah mengapa pantai ini disebut Batu Payung. Di bawahnya pun wisatawan dapat berteduh, juga dapat digunakan sebagai spot foto yang menarik.

Spot itulah yang banyak digunakan untuk berfoto para wisatawan yang datang berkunjung. Beberapa batu besar yang berada di sekitar kawasan tersebut juga sangat indah untuk dinikmati dan digunakan untuk berfoto.

Hal unik lainnya, pantai ini tidak seperti pantai pada umumnya yang berpasir. Pantai Batu Payung justru tidak memiliki pasir. Inilah mengapa wisatawan juga memberikan julukan sebagai pantai tak berpasir untuk Batu Payung.

Baca juga:  Tetapkan 99 Desa, Tahun Ini Pemprov Awali dengan 20 Desa Wisata

Pantai Batu Payung adalah pantai yang terletak di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Dulu, pantai ini mulai terkenal karena pernah menjadi spot iklan salah satu merek rokok terkenal di Indonesia. Sehingga mulai banyak wisatawan yang penasaran dan berdatangan untuk melihat keindahan Pantai Batu Payung ini.

Lokasi dari Pantai Batu Payung terletak bersebelahan dengan Pantai Tanjung Aan. Lokasinya tepat di belakang bukit yang memisahkan antara Pantai Tanjung Aan dan Pantai Batu Payung. Hampir semua sisi dari pantai ini hanya terdapat bebatuan-bebatuan besar yang salah satunya adalah batu besar berbentuk payung. (lin)