Segarnya Air Terjun Semporonan di Lotim

0

Selong (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Timur memiliki banyak destinasi wisata. Tidak hanya pantai dan gili, terdapat pula air terjun yang menyegarkan. Salah satunya Air Terjun Semporonan yang terletak di Desa Timba Nuh Kecamatan Peringgasela. Air Terjun ini belakangan semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Akses menuju ke Air Terjun Semporonan membutuhkan waktu 20 hingga 30 menit dari Kota Selong. Air terjun ini berada di desa paling utara di kawasan Pringgasela. Meski demikian akses jalan menuju tempat ini terbilang cukup baik. Sehingga wisatawan dapat menikmati perjalanannya dengan nyaman.

“Ini kan di bawah atau di kaki Rinjani. Jadi airnya segar dan tentu saja bersih,” kata warga Pringgasela Muhammad Amin, Minggu, 1 April 2018.

Menuju ke lokasi air terjun anda harus berjalan sejauh 350 meter. Rute jalan setapak dan sedikit berbatu menjadi rintangan yang harus dilewati. Dalam perjalanan inipun wisatawan disuguhkan pemandangan perkebunan kopi dan  dan sejumlah tanaman pangan masyarakat. Aroma kopi mentah akan tercium dan menjadi sensasi perjalanan yang menyenangkan bagi pecinta kopi.

“Jalannya tidak membosankan, karena wisatawan akan menemukan banyak hal selama di perjalanan,” ujarnya.

Sekilas Air Terjun Semporonan ini mirip seperti Air Terjun Sendang Gile di Kabupaten Lombok Utara. Namun dengan tinggi yang berbeda yakni 40 meter. Deras dan dinginnya air terjun tersebut menambah sensasi yang dapat dirasakan wisatawan. Apalagi suasananya juga sangat tenang, sehingga wisatawan benar-benar dimanjakan dengan keindahan dan suasana alami di air terjun ini.

Meski demikian, di air terjun ini belum dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti atau musala. Sehingga wisatawan merasa kurang nyaman ketika harus mandi dan tidak ada tempat untuk bilas dan mengganti pakaian.

“Saya berharap pemda bisa melihat potensi air terjun ini sebagai salah satu destinasi wisata. Sehingga kebutuhan akan fasilitas dasar dapat dipenuhi,” ujarnya. (lin)