Sejuknya Hutan Tropis di Semongkat

Mataram (Suara NTB) – Semongkat merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa. Berjarak sekitar 17 km dari Kota Sumbawa Besar, berada pada ketinggian 450 mdpl dengan hutan tropis yang masih terjaga.

Suasana sejuk dan segar sudah mulai terasa setelah melewati Desa Kelungkung. Sepanjang jalan dipenuhi pohon-pohon besar dan pemandangan lembah yang sangat indah. Dengan kondisi jalan yang sudah diaspal hotmix sehingga mudah dicapai dengan segala jenis kendaraan.

Hutan Semongkat didominasi oleh pohon-pohon jenis lokal seperti ketimus, tempoak, rapat bewe, serta kukin. Sedangkan potensi satwa yang ada antara lain cerucuk, srigunting, elang bondol, monyet ekor panjang, babi hutan dan ayam hutan.

Baca juga:  Potensi Besar Wisatawan China Perlu Digarap Serius

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa Junaidi mengatakan, pihaknya terus berupaya melengkapi fasilitas di berbagai destinasi wisata yang ada. Salah satunya Semongkat yang belakangan mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal.

“Kita harapkan kunjungan bisa terus meningkat,” ujarnya.

Taman Wisata Alam Semongkat merupakan hutan alam. Dimana potensi pohonnya yang masih rapat, banyak yang berdiameter besar dan perakaran yang baik berfungsi menahan air menjadikan hutan ini kantung air bagi masyarakat sekitar. Hutan Semongkat sendiri telah dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai tempat pengambilan 40 jenis bahan baku pembuatan minyak Sumbawa dan produksi madu alam.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan oleh wisatawan cukup bervariasi. Misalnya mandi kolam, trekking menyusuri kali kecil berair jernih dan segar, dan mengamati cara pengambilan madu alam secara langsung sampai pada proses pengemasannya.

Baca juga:  Labuan Jambu Teluk Saleh, Titik Labuh Baru yang Membuat Yachter Terkesan

Salah satu wisatawan yang telah berkunjung ke Semongkat, Nano Putra mengatakan bahwa Semongkat merupakan tempat yang sangat baik untuk berwisata bersama keluarga. Tempatnya yang tenang dan sejuk membuatnya sangat cocok untuk dikunjungi bersama kerabat.

“Awalnya saya tidak melakukan list untuk berkunjung ke Semongkat. Tapi teman saya di Sumbawa mengajak saya untuk berkunjung, karena katanya bagus. Ternyata memang bagus. Tempatnya hanya perlu dipoles saja untuk mendatangkan banyak wisatawan,” ujarnya. (lin)