Angka Kunjungan ke Tambora Belum Menggembirakan

Mataram (Suara NTB) – Beberapa tahun terakhir Pemda secara aktif mempromosikan potensi pariwisata di Pulau Sumbawa. Salah satunya kawasan Tambora yang ada di Kabupaten Dompu. Kendati meningkat dari tahun sebelumnya, namun jumlah kunjungan wisatawan ke Tambora masih terbilang kurang.

“Kalau kunjungan ke Tambora belum sampai 2.000 orang dalam setahun. Ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja kita harus terus tingkatkan jumlah kunjungan ini,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Dompu Syamsul Huriah, S.Sos, Kamis, 1 Maret 2018.

Pihaknya terus berupaya untuk mempromosikan trekking Tambora kepada calon wisatawan. Selama ini memang sudah semakin banyak wisatawan yang datang. Hanya saja jumlah itu dianggap masih belum banyak. Kendati demikian, dalam waktu dekat akan dilakukan Festival Pesona Tambora untuk lebih mempromosikan lagi semua potensi pariwisata yang ada di Tambora dan sekitarnya.

“Kita terus lakukan promosi. Semua kegiatan ini memang harus dipromosikan. Selama ini kita juga dibantu promosi oleh Dispar Provinsi dan Kementerian Pariwisata. Dengan harapan semakin banyak wisatawan yang berkunjung,” ujarnya.

Keberadaan Tambora memang sangat diharapkan untuk bisa memberikan nilai lebih kepada warga sekitar. Saat ini kelompok-kelompok sadar wisata sudah mulai bergerak. Kerajinan dan oleh-oleh yang bersumber dari Tambora juga semakin diperbanyak. Dengan harapan banyak wisatawan yang datang dan bisa membeli aneka produk yang dibuat oleh warga sekitar.

“Pariwisata ini sangat potensial untuk memberikan nilai tambah kepada warga sekitar. Oleh sebab itu kita terus berupaya, pokdarwisnya kita bina dan produk-produknya lebih dimaksimalkan,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan untuk mempromosikan Tambora ini bisa mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan di masa mendatang. Sebab efek dari promosi itu bisa dirasakan jauh setelah promosi itu dilakukan.

Selama ini memang sudah banyak yang mengenal Tambora. Termasuk trekking Tambora yang sudah semakin diketahui oleh wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan yang berasal dari luar Pulau Sumbawa bahkan luar negeri.

“Mereka bisa berkunjung ke destinasi wisata lainnya setelah berkunjung ke Tambora. Karena kita punya banyak destinasi wisata,” ujarnya. (lin)