Pesona Gili Kapal yang Timbul Tenggelam

Selong (Suara NTB) – Gili Kapal merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Gili ini memiliki keunikan berupa gundukan pasir dan tidak ada apapun di atasnya. Gili ini kerapkali dijadikan sebagai destinasi wisata bagi pencinta keindahan bawah laut. Sebab pemandangan bawah lautnya sangat indah.

“Biasanya seminggu itu tiga atau empat kali ngantar wisatawan ke Gili Kapal. Ada juga yang minta diajak ke tengah atau charter bagi mereka yang mau snorkeling. Kita ajak ke spot yang bagus pemandangannya dan banyak ikannya,” kata boatman asal Lombok Timur, Ahyar, Selasa, 13 Februari 2018.

Setiap akhir pekan selalu ada wisatawan yang datang. Ia juga sudah bekerjasama dengan beberapa pelaku pariwisata. Sehingga ketika ada wisatawan, ia akan disewa dengan cara charter selama satu hari. Ia juga akan memandu wisatawan untuk mencari spot snorkeling yang menarik di sekitar Gili Kapal.

Baca juga:  Ironi Ikon Wisata Dunia, Gili Trawangan Tak Punya Toilet Representatif

“Ada yang cuma mau ke Gili Kapal saja, ada juga yang mau snorkeling. Kita kan ikut kemauan wisatawan yang kita bawa saja. Kalau mereka

mau  snorkeling kita ajak ke spotnya. Kalau cuma mau mandi di pinggir Gili Kapal ya kita tunggu di sana,” ujarnya.

Ketika sampai di Gili Kapal, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang luas dengan bawah laut yang indah. Gili ini terbilang paling kecil dari gili lainnya. Sebab hanya berupa gundukan pasir di tengah laut. Saat air pasang, kabarnya, gili ini tak akan terlihat. Sehingga wisatawan hanya bisa berkunjung pada saat air agak surut.

Baca juga:  NTB Targetkan Jutaan Wisatawan dari Kapal Pesiar

“Dulu kalau air pasang, bagi boatman yang baru, di sini suka kandas kapalnya. Karena gili ini tidak terlihat. Tapi sekarang sudah banyak yang tahu. Kita juga hanya bisa ajak wisatawan kalau airnya agak surut. Kalau sedang pasang, kita ajak ke Gili Kondo atau Gili Bidara,” akunya.

Gili Kapal adalah bagian dari gugusan pulau-pulau kecil di Lombok Timur. Termasuk Gili Kondo, Gili Bidara, dan Gili Petagan. Gugusan gili ini secara administratif berada di kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Butuh waktu 3 jam perjalanan untuk sampai ke Sambelia dari Kota Mataram. (lin)