Wisatawan Mulai Lirik Wisata Sumbawa

Mataram (Suara NTB) – Destinasi wisata di Sumbawa semakin menunjukkan taringnya. Banyak wisatawan yang berkeinginan untuk berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Sumbawa. Apalagi saat ini Sumbawa sudah mulai berbenah terhadap fasilitas yang ada di destinasinya.

“Saya sudah ke Kenawa dan ke Pulau Bungin. Saya juga berkunjung ke beberapa destinasi lainnya. Tapi yang paling saya suka adalah dua destinasi ini,” kata wisatawan asal Makassar Nano Putra, di Mataram, Selasa, 13 Februari 2018.

Ia mengatakan bahwa destinasi wisata di Sumbawa tidak kalah menarik dari wisata yang ada di Lombok. Bahkan destinasinya tidak seramai di Lombok yang membuatnya merasa lebih nyaman. Ia melihat Sumbawa memiliki potensi yang baik untuk mendatangkan banyak wisatawan.

“Mungkin yang membuat wisatawan itu enggan berkunjung ke Sumbawa karena letaknya yang jauh. Sehingga wisatawan menjadi lama di perjalanan. Wisatawan harus ke Lombok dulu menggunakan pesawat, kemudian perjalanan darat ke pelabuhan dilanjutkan menggunakan kapal, dilanjutkan lagi perjalanan darat,” ujarnya.

Baca juga:  Labuan Jambu Teluk Saleh, Titik Labuh Baru yang Membuat Yachter Terkesan

Ia mengatakan lamanya waktu yang dihabiskan di perjalanan kemungkinan besar membuat wisatawan merasa kurang nyaman. Oleh sebab itu, lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok daripada Sumbawa. Padahal pantainya tidak kalah indah dari pantai yang ada di Sumbawa.

“Kalau saya sendiri pergi dengan rombongan, ada tujuh orang. Karena kami memang berniat untuk eksplore Lombok Sumbawa. Kami juga bertemu dengan teman kami di Sumbawa yang mengajak kami ke berbagai destinasi wisata,” ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Vionita Noor asal Medan. Ia mengaku menginap menggunakan tenda selama dua malam di Pulau Kenawa. Menurutnya Kenawa dan Paserang merupakan pantai yang sangat indah. Namun tidak banyak wisatawan yang tahu, sehingga tidak banyak dikunjungi wisatawan dari luar.

Baca juga:  Potensi Besar Wisatawan China Perlu Digarap Serius

“Saya lihat banyak wisatawan lokal yang datang, tapi mereka tidak menginap. Mungkin karena tidak banyak yang tahu tentang Sumbawa, jadi tidak banyak wisatawan yang datang,” ujarnya.

Dari Medan, ia ke Surabaya kemudian ke Lombok dan melanjutkan perjalanan ke Sumbawa. Menurutnya, perjalanan menuju Pulau Sumbawa sangat menyenangkan. Karena ia tidak pernah menemukan adanya kemacetan selama di perjalanan.

“Saya melihat tidak ada kemacetan. Saya senang berkunjung ke Lombok dan Sumbawa.  Saya bisa menikmati perjalanan saya dan bisa menikmati waktu berlibur saya dengan nyaman,” ujarnya. (lin)