Pulau Bungin Jadi Pilihan Liburan Tahun Baru

Mataram (Suara NTB) – Pulau Bungin merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa. Pulau ini juga memiliki resto apung yang menyajikan banyak hidangan sari laut. Harganya pun sangat terjangkau dan dijamin membuat pengunjung puas.

“Saya bersama keluarga datang memang ingin menikmati hidangan seafood (sari laut) di Bungin. Saya lihat juga banyak yang datang, tempatnya seru dan makanannya enak,” kata wisatawan asal Kota Mataram Ferri Fahrial, Senin, 1 Januari 2018.

Ia mengaku senang dengan hidangan yang disajikan di resto apung. Pasalnya harga berbagai macam hidangannya pun relatif terjangkau dan suasananya juga sangat mendukung untuk liburan keluarga. Pulau Bungin menjadi tempat yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu berlibur sambil menikmati aneka hidangan sari laut yang dimasak oleh masyarakat setempat.

Baca juga:  Pariwisata Sembalun Mulai Bangkit Pascagempa

“Saya sangat merekomendasikan wisatawan untuk berkunjung ke resto apung Pulau Bungin ini. Karena tempatnya dan suasananya juga sangat bersahabat. Orang-orangnya juga sangat ramah kepada pengunjung,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Junaidi juga mengatakan telah menata resto apung yang ada di Pulau Bungin. Pihaknya berencana untuk menjadikan pulau ini sebagai pusat wisata kuliner sari laut. Sehingga, selain menikmati suasana Pulau Bungin, wisatawan juga menikmati berbagai macam hidangan di resto yang ada di atas laut.

“Kami sudah menata Resto Apung Pulau Bungin, sehingga dapat dikunjungi wisatawan. Kami ingin menjadikannya sebagai pusat sajian kuliner di Sumbawa,” ujarnya.

Tahun 2018 pihaknya akan melakukan promosi lebih masif terhadap wisata Pulau Bungin. Diketahui bahwa pulau ini pernah dinobatkan sebagai pulau terpadat di dunia. Ini menjadi salah satu nilai jual untuk Pulau Bungin, sehingga bisa lebih banyak lagi wisatawan yang datang berkunjung.

Baca juga:  NTB Care tampung 18 Pengaduan, Infrastruktur dan Fasum Objek Wisata Dikeluhkan

“Selama tahun 2017 ini ada dua ribu lebih wisatawan yang datang ke Bungin. Itu termasuk wisatawan lokal, nusantara hingga mancanegara. Kedepannya akan kita perkuat lagi promosinya,” ujarnya.

Wisatawan juga bisa menikmati ikan yang segar, karena bisa memilih langsung ikan yang ingin dinikmati langsung dari keramba (kolam penangkaran ikan). Harga satu porsi cumi dengan berat satu kilogram hanya Rp 80 ribu, sedangkan ikan kakap hanya Rp 140 ribu perkilogram. Begitupula dengan ikan baronang yang dibanderol dengan harga Rp 180 ribu per kilogram.

“Harganya tidak menguras isi dompet. Rasanya juga sangat segar karena kita bisa pilih atau tangkap langsung dari kerambanya,” ujarnya. (lin)