Ini Penjelasan Kadispar NTB Soal Mobil Masuk Trawangan

0
79

Mataram (suarantb.com) – Masuknya kendaraan roda empat ke Gili Trawangan memicu lahirnya pro kontra di tengah masyarakat NTB. Menanggapi ini, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Faozal kemudian memberikan alasan dibiarkannya dua kendaraan tersebut memasuki kawasan Trawangan yang bebas polusi.

Dijelaskannya, dua kendaraan bak terbuka diizinkan masuk Trawangan untuk membantu mengangkut tumpukan material dan sampah yang ada di sana. Selama beberapa hari ini memang tengah dilakukan penertiban bangunan di batas roi pantai. Inilah yang menyebabkan terjadinya penumpukan material.

“Pembongkaran ini menimbulkan masalah baru terjadi penumpukan material hasil bongkaran. Dengan berbagai pertimbangan yang dilakukan bersama Bupati KLU dan Kades setempat, diputuskan untuk menghadirkan dua unit kendaraan ini,” jelasnya, Kamis, 23 Februari 2017.

“Tapi saya ingin sampaikan, ini betul-betul sifatnya sangat amat sementara. Begitu selesai, wajib kita keluarkan kendaraan ini,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan Faozal total material atau sampah hasil pembongkaran ini mencapai 18 ton per hari. Ini tidak bisa segera dibersihkan jika hanya mengandalkan tenaga 30 petugas kebersihan dan lima cidomo dengan bak terbuka.

“Kalau kita hanya mengandalkan tenaga kebersihan kita yang hanya 30 orang dan jumlah cidomo open cup hanya lima, maka pasti tidak akan selesai,” katanya.

Untuk mengurangi gangguan yang diakibatkan dua kendaraan ini, Faozal menyatakan telah ada jam operasional khusus. Dimana pengangkutan material dan sampah ini hanya dilakukan pada pukul 03.00-07.00 pagi.

“Waktu operasionalnya kita betul-betul silent, di jam-jam yang tidak ada kehadiran wisatawan. Mulai jam 3-7 pagi dia bergeraknya. Setelah itu dia masuk lagi ke kandang. Ndak boleh dia kelihatan ada di lapangan,” tandasnya.

Dengan penjelasannya ini, Faozal berharap tidak ada perdebatan lagi yang timbul terkait kendaraan yang masuk Trawangan. Sebab, ini dilakukan semata untuk mengembalikan kebersihan di Trawangan.

  Walikota Wacanakan Satu Kelurahan Satu Truk Sampah

“Itu kan membawa tumpukan material bongkaran dan sampah yang ada di sana. Itu dibawa langsung ke darat, ke PPA KLU,” pungkasnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here