Destinasi Potensial, Wisata Suranadi Kurang Terawat

0

Giri Menang (Suara NTB) – Destinasi Wisata Suranadi merupakan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Kekayaan alam dan suasana segar saat memasuki destinasi ini menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Hanya saja destinasi ini terlihat kurang terawat. Misalnya dengan kurangnya terawatnya fasilitas dasar seperti toilet, tidak adanya penunjuk arah dan banyak lainnya.

“Ini kacau ya, padahal disini banyak yang berkunjung. Saya tanya pengelolanya dalam sehari berapa orang yang berkunjung katanya sampai tiga kelompok. Ini kan destinasinya sudah bagus, fasilitasnya harus dijaga dan harus dilengkapi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H.L.Moh.Faozal,S.Sos.,M.Si kepada Suara NTB, di Suranadi, Jumat, 13 Januari 2017.

Ia mengatakan perlu adanya penguatan terhadap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di destinasi ini. Pasalnya terdapat banyak kekurangan yang harus dibenahi bersama. Misalnya penunjuk arah yang masih kurang, informasi tentang destinasi wisata, hampir semua pintu toilet rusak parah dan beberapa catatan lainnya.

“Ini destinasi warga yang punya, harusnya bisa dijaga. Kalau ada yang rusak segera diperbaiki, kalau ada yang kurang segera dilengkapi,” ujarnya.

Suara NTB melihat kurang teraturnya destinasi ini, misalnya tempat sampah yang kurang. Kalaupun ada, tempatnya tidak teratur. Selain itu tempat sampahnya sudah rusak. Hal seperti ini harus menjadi perhatian semua pihak. Terlebih faktor kebersihan merupakan hal utama penentu baik atau tidaknya kesan wisatawan saat berkunjung.

Bukan hanya itu saja, informasi tentang destinasi wisata juga sudah rusak dan tulisannya sudah buram. Sehingga tidak terbaca dan wisatawan yang datang menjadi kekurangan informasi tentang destinasi wisata yang didatangi. Padahal hal ini sangat penting, sehingga wisatawan dapat menceritakan pengalaman dan cerita tentang destinasi tersebut saat pulang.

“Informasinya kurang, nanti kita atur semuanya. Kita berharap Pokdarwisnya segera untuk melakukan pembenahan dan melengkapi fasilitas yang kurang,” harapnya.

Kendati demikian, destinasi ini selalu ramai oleh wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar. Sebab suasana yang segar saat berada di destinasi ini menjadi dayatarik tersendiri bagi wisatawan. Terlebih di dalamnya terdapat sungai kecil yang sangat bagus sebagai spot untuk mengambil gambar. (lin)