Wisata Pantai Masih Jadi Primadona di NTB

Mataram (Suara NTB) – Potensi wisata bahari di perairan NTB dianggap cukup mumpuni. Sebab tidak sedikit wisatawan yang datang hanya untuk menyaksikan keindahan bawah laut yang ada di peraiaran NTB. Beberapa cara yang seringkali dilakukan yaitu dengan cara snorkeling, diving, surfing, memancing dan lain-lain. Potensi inilah yang membuat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB akan melakukan pemetaan khusus terkait destinasi yang berpotensi untuk mengembangkan segmen wisata itu.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H.L. Moh Faozal, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa pihaknya sudah memetakan potensi wisata bahari yang dimiliki NTB. Sebab wisatawan masih menyukai destinasi wisata pantai untuk dikunjungi.

Baca juga:  Kunjungan Wisman Melonjak, Gubernur Ajak Warga NTB Persiapkan Diri

“Wisatawan banyak yang suka ke pantai, karena memang pantai kita ini kan bagus-bagus. Pemandangan bawah lautnya juga bagus. Jadi mereka suka snorkeling dan diving. Bagi yang suka berselancar juga banyak pantai di Lombok dan Sumbawa yang bisa jadi spot berselancar,” ujarnya.

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke NTB mencari spot untuk melakukan diving. Selama ini Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB memang belum maksimal dalam melakukan pemetaan terhadap lokasi yang potensial untuk mengembangkan potensi salah satu sport tourism ini.

Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk melakukan wisata bahari yaitu Gili Kondo, Gili Air, Gili Trawangan, Ai Manis di Pulau Moyo, Tanjung Menangis, Istana Karang Calabai bahkan hingga Pantai Lakey dan pantai-pantai lainnya. Dengan adanya pemetaan itu nantinya wisatawan medapatkan informasi khusus tentang destinasi yang dapat dipilih khusus untuk diving, surfing atau snorkeling.

Baca juga:  Bidik 4,5 Juta Kunjungan Wisatawan, Lima KSPN akan Dikembangkan

Selain itu, informasi tentang destinasi snorkeling dan diving ini juga dapat dijadikan sebagai acuan atau label NTB sebagai salah satu pusat wisata air yang menarik. Sebab selain surfing, keindahan bawah laut di beberapa pantai dan laut NTB dirasa sangat mumpuni untuk dijadikan sebagai pusat snorkeling dan diving bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. (lin)